Rusli Ahmad Diberhentikan dari Ketua PW NU Riau, Ini Alasanya

Rusli Ahmad Diberhentikan dari Ketua PW NU Riau, Ini Alasanya

Metroterkini.com - PB NU telah menunjuk Sulaiman Tanjung sebagai ketua carateker PWNU Provinsi Riau menggantikan ketua PW NU Provinsi Riau T Rusli Ahmad. 

Demikian Sulaiman Tanjung kepada media di salah hotel di Kota Pekanbaru membantah jika pergantian T Rusli Ahmad karena mendeklarasikan PWNU Riau mendukung Paslon Presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran.

''Tak ada hubungannya dengan sikap T Rusli Ahmad yang mendukung Paslon Presiden, ini adalah murni dari konsekuensinya maju sebagai calon anggota DPD RI," kata Sulaiman, Rabu (17/1/2024).

Dijelaskannya, didalam AD/ART PBNU ditegaskan jika Ketua PWNU, PCNU dan MPW NU jadi Calon Kepala Daerah di Pilgub, Pilwako,Pilbup dan Caleg DPR RI, DPRD Kabupaten/Kota dan Calon DPD RI, wajib mundur dari jabatannya. "Jadi bukan cuti harus mundur atau diberhentikan dari jabatan ketua NU," jelasnya.

Keputusan memberhentikan T Rusli Ahmad termasuk ketua didaerah lainnya menurutnya sudah sesuai mekanisme di PB NU seperti menggelar rapat gabungan Syuriyah Tanfidziah pada tanggal 16 Desember 2023.

Rapat ini digelar setelah pengurus PBNU mendapat laporan beberapa ketua NU di daerah ada yang menjadi Caleg dan calon DPD RI.

"Lalu pada tanggal 8 Januari keluarlah SK Ketua Carateker PWNU Riau yang bertugas menyiapkan Muswil pembentukan pengurus PWNU yang baru, paling lambat 4 bulan kedepan," tutupnya.  [***]

Berita Lainnya

Index