KPK Pastikan 3 Pasangan Capres-Cawapres Hadiri Acara Adu Gagasan

KPK Pastikan 3 Pasangan Capres-Cawapres Hadiri Acara Adu Gagasan

Metroterkini.com - KPK memastikan tiga pasangan capres-cawapres akan hadir adu gagasan antikorupsi di KPK malam ini. Diketahui KPK menggelar program Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Berintegritas (Paku Integritas) yang melibatkan pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024.
"Iya betul, sudah konfirmasi akan hadir sesuai jadwal," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dilansir dari detikcom, Rabu (17/1/2024).

Program Paku Integritas sudah dijalankan KPK sejak tahun 2021. Kegiatan itu bertujuan untuk menguatkan komitmen para pejabat untuk tidak korupsi. Adapun kegiatan Paku Integritas kali ini akan berlangsung malam nanti mulai pukul 19.00 WIB.

KPK telah berkoordinasi dengan KPU selaku penyelenggara pemilu terkait kegiatan yang melibatkan para capres dan cawapres. Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango mengaku pihaknya sudah mendapat restu dari KPU untuk menyelenggarakan acara tersebut.

"Kita sudah mendapatkan semacam restu lah dari penyelenggara pemilu yaitu KPU untuk menyelenggarakan kegiatan itu karena ketiga pasangan ini, memang ada domain kekuasaan KPU. Kalau KPU bilang tidak boleh, ya tidak boleh, kita tidak bisa jalani," kata Nawawi dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (16/1).

"Kita sudah mendapatkan lampu hijau bahwa itu bisa dilaksanakan," imbuhnya.

Nawawi mengatakan format Paku Integritas bukan dalam bentuk debat dan adu program. Dia menyebut lewat Paku Integritas itu nantinya KPK akan menyampaikan persoalan dan hambatan dalam penanganan kasus korupsi.

Nawawi menyebutkan nantinya KPK juga akan bertanya komitmen capres untuk menyelesaikan persoalan yang dipaparkan para pimpinan KPK. Nawawi mengungkap ada 6 sampai 10 permasalahan yang akan dipaparkan KPK di hadapan para capres dan cawapres.[**]

Berita Lainnya

Index