Bupati Sukiman Pimpin Upacara Peringatan Hari Ibu ke-95 dan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023

Bupati Sukiman Pimpin Upacara Peringatan Hari Ibu ke-95 dan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023

Metroterkini.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu peringati Hari Ibu ke-95 dan Hari Bela Negara ke-75 dengan menggelar upacara bendera di halaman kantor Bupati pada Jumat, (22/12/2023).

 

Bupati Rokan Hulu, Sukiman, bertindak sebagai Inspektur upacara, dengan dihadiri sejumlah pejabat dan organisasi masyarakat, seperti Wakil Bupati Rokan Hulu, Indra Gunawan, Sekretaris Daerah, Muhammad Dzaki, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Dharmawanita Rokan Hulu, Gabungan Organisasi Wanita Rokan Hulu, Bhayangkari Polres Rohul, dan Persatuan Prajurit (Persit) TNI.

 

Dalam amanatnya, Bupati Sukiman tidak hanya menyoroti peringatan Hari Ibu, tetapi juga mengajak seluruh pihak untuk menanamkan sikap bela negara. 

 

"Kita tidak bisa memisahkan peran perempuan dalam membangun bangsa dengan semangat bela negara. Keduanya saling melengkapi untuk mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045," ucap Sukiman.

 

Sukiman juga menekankan pentingnya memberdayakan perempuan dalam semua aspek kehidupan. Dalam konteks peringatan Hari Ibu ke-95, tema yang diangkat adalah "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju".

 

" Perempuan adalah pilar utama pembangunan. Mari kita tingkatkan peran dan potensi perempuan untuk mendorong kemajuan bangsa," tambahnya.

 

Sementara itu, peringatan Hari Bela Negara ke-75 mengusung tema "Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju". Dalam konteks ini, Bupati menegaskan perlunya sikap bela negara di setiap lapisan masyarakat. 

 

"Bela negara bukan hanya tanggung jawab TNI dan Polri, tetapi tugas kita semua. Mari kita wujudkan kesadaran kolektif untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa," ungkap Bupati Sukiman.

 

Acara tersebut menjadi momen bersatu bagi unsur Forkopimda dan kepala OPD dalam mendukung visi pemerintah daerah. Dengan perpaduan tema Hari Ibu dan Hari Bela Negara, peringatan ini bukan hanya seremonial, tetapi juga sebagai panggilan untuk bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik, tangguh, dan maju.

 

Dharmawanita Rokan Hulu, Gow Rokan Hulu, Bhayangkari Polres Rohul, dan Persit TNI turut serta dalam upacara ini, menciptakan suasana kebersamaan antar organisasi masyarakat. Mereka ikut serta dalam berbagai kegiatan sebagai bentuk dukungan terhadap semangat perempuan berdaya dan bela negara.

 

Wakil Bupati Indra Gunawan turut menyampaikan apresiasinya terhadap tema yang diangkat. "Ketika perempuan berdaya dan semangat bela negara berkobar, Indonesia akan semakin maju. Kedua hal ini saling mendukung dan menjadi pondasi bagi kemajuan bangsa," kata Wakil Bupati.

 

Upacara tidak hanya diisi dengan seremoni formal, tetapi juga diramaikan dengan berbagai kegiatan seni dan budaya yang melibatkan perempuan dari berbagai kelompok masyarakat. Hal ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi perempuan dalam pelestarian dan pengembangan budaya daerah.

 

Melalui peringatan yang merangkum Hari Ibu dan Hari Bela Negara, Kabupaten Rokan Hulu memberikan pesan kuat tentang pentingnya peran perempuan dan semangat bela negara sebagai pondasi bagi kemajuan bangsa.

 

Masyarakat diharapkan dapat meresapi dan mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari demi mewujudkan Indonesia yang berdaya dan maju.(man)

Berita Lainnya

Index