Israel Tembaki Warga Gaza Saat Gencatan Senjata, 2 Orang Tewas

Israel Tembaki Warga Gaza Saat Gencatan Senjata, 2 Orang Tewas

Metroterkini.com - Pasukan darat Israel terus berusaha mencegah warga sipil Palestina untuk kembali ke bagian utara Jalur Gaza saat gencatan senjata berlangsung. Sedikitnya dua warga Gaza tewas ditembak tentara Israel saat berupaya melakukan perjalanan dari zona selatan ke zona utara daerah kantong Palestina tersebut

Seperti dilansir Al Jazeera, Sabtu (25/11/2023), sejumlah besar pengungsi berusaha kembali ke rumah-rumah mereka yang ada di Jalur Gaza bagian utara ketika gencatan senjata selama empat hari diberlakukan sejak Jumat (24/11) pagi waktu setempat.

Militer Israel memperingatkan warga sipil Palestina bahwa mereka tidak akan diizinkan memasuki wilayah utara di Jalur Gaza saat gencatan senjata.

Beberapa video yang diperoleh Al Jazeera menunjukkan rombongan warga sipil Palestina kembali ke rumah-rumah mereka di area Beit Lahiya yang terletak di Jalur Gaza bagian utara, meskipun militer Israel bersikeras menyatakan area itu adalah zona pertempuran.

"Warga Gaza, pergerakan penduduk dari selatan Jalur Gaza ke utara tidak akan diizinkan dengan cara apa pun," tegas juru bicara militer Israel, Avichay Adraee, dalam pernyataan berbahasa Arab yang diposting ke media sosial X.

"Kami mengimbau Anda untuk tidak mendekati pasukan militer dan area-area sebelah utara Lembah Gaza. Luangkan waktu untuk memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan urusan Anda," imbuh Adraee dalam pernyataannya.

"Area utara Jalur Gaza adalah zona pertempuran dan dilarang untuk tinggal di sana. Perang belum berakhir dan kami mengimbau Anda untuk mematuhi instruksi dan peringatan demi keselamatan Anda," tegasnya.**
 

Berita Lainnya

Index