Ditinggal Induk, Anak Orang Utan Dievakuasi dari Kebun Warga di Riau

Ditinggal Induk, Anak Orang Utan Dievakuasi dari Kebun Warga di Riau

Metroterkini.com - Orang utan berjenis kelamin betina dievakuasi dari kebun warga yang ada di Indragiri Hilir, Riau. Orang utan itu dievakuasi setelah ditinggal sang induk dalam kondisi lemah.

Petugas Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PSKM), Sutino mengatakan orang utan itu awalnya berkeliaran di kebun warga sejak sepekan terakhir. Saat itu, ada induk dan anaknya yang diperkirakan masih berusia 6-7 tahun.

"Kami itu awalnya sedang keliling minggu lalu. Terlihat ada dua ekor, induk dan anak orang utan di sekitar lokasi," terang Sutino, Kamis (20/7/2023).

Setelah seminggu dipantau, terlihat orang utan hanya tinggal satu ekor. Orang utan tersebut berjenis kelamin betina dan usia masih muda diduga ditinggal induknya di kebun warga.

Hasil pemantauan, lokasi kebun berada dekat dengan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Lokasi itu merupakan perbatasan antara Riau dengan Jambi.

"Induknya kemarin sudah tak ada, tinggal anaknya saja. Lalu kami evakuasi karena kondisinya lemah, butuh penanganan tim medis," kata Sutino.

Selanjutnya bersama jajaran TNI, Polri dan Frankfrurt Zoological Society (FZS), orang utan itu dibawa ke penangkaran.

"Sementara dibawa ke penangkaran dulu dan ditangani kesehatannya. Setelah pilih, baru akan dilepasliarkan lagi ke Taman Basional Bukit Tiga Puluh," kata Sutino.**

Berita Lainnya

Index