Tanamkan Sikap Disiplin, 396 Siswa SMK 1 Rambah Antusias Ikuti MPLS

Tanamkan Sikap Disiplin, 396 Siswa SMK 1 Rambah Antusias Ikuti MPLS

Metroterkini.com - Sebanyak 396 siswa SMK Negeri 1 Rambah antusias mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kali ini kegiatan MPLS berbeda dengan tahun sebelumnya karena dapat dilakukan secara tatap muka langsung pasca wabah Covid-19 melanda beberapa tahun lalu.

Kegiatan MPLS ini ditaja langsung oleh pihak sekolah dengan menggandeng Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR untuk pembinaan karakter siswa dan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang dilaksanakan selama dua hari di halaman SMK Negeri 1 Rambah, Jum'at (14/7/2023).

Selama kegiatan berlangsung ratusan siswa diperkenalkan dengan visi dan misi serta aturan yang ada di sekolah dan juga diberikan pemahaman terkait projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Materi yang diberikan sebagai wujud pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Kepala sekolah SMAN 1 Rambah, Idris Lika mengatakan, kegiatan MPLS yang dilaksanakan kedepan diharapkan dapat memberikan feedback yang baik kepada siswa dalam membentuk karakternya.

"Sebanyak 396 siswa yang mengikuti kegiatan ini, dari 396 itu di bagi menjadi sembilan jurusan yang terpadu, ada jurusan teknik, non teknik, akuntansi dan komputer," paparnya.

Dia juga menjelaskan tujuan pemberian materi PBB guna menanamkan kedisiplinan, membentuk karakter beretika, dan menumbuhkan rasa percaya yang tinggi siswa.

"Ini adalah salah satu tujuan, kalau di dalam pendidikan namanya P5. Di dalam itu kita harapkan TNI untuk melatih bibit kedisiplinan kepada siswa itu," paparnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan ada beberapa materi yang di berikan kepada siswa.

"Yang pertama kami berikan kepada siswa adalah membentuk jiwa kedisiplinan, peraturan baris berbaris, upacara bendera yang diharapkan dapat memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Idris Lika juga menyampaikan kedepannya akan tetap menggandeng TNI untuk memberikan materi kedisiplinan, kejujuran, rasa tanggung jawab sehingga terciptanya siswa yang berkarakter.

Masih ditempat yang sama, Babinsa Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Peltu M. Yakfi mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mengundang untuk memberikan pelatihan kepada siswa SMK Negeri 1 Rambah.

" Suatu penghargaan bagi kami dapat memberikan materi PBB kepada para siswa, semoga ilmunya bermanfaat dan kedisiplinannya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ucap Peltu M. Yakfi.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan PBB para siswa dapat menjadi lebih disiplin dalam beraktivitas, terutama saat mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah dan di luar sekolah.

"SMK bertujuan mengahasilkan lulusan yang siap bekerja sesuai dengan jurusan dan bidangnya masing-masing. Dengan telah disiplin sejak di bangku sekolah, sudah tentu tidak kaku lagi memasuki dunia kerja," tuturnya.[man]

 

 

Berita Lainnya

Index