Teken Instrumen Aksesi TAC, Arab Saudi Resmi Masuk Jadi Mitra ASEAN

Teken Instrumen Aksesi TAC, Arab Saudi Resmi Masuk Jadi Mitra ASEAN

Metroterkini.com - Arab Saudi bergabung sebagai mitra ASEAN dengan ditandatanganinya Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama (Treaty of Amity and Cooperation/TAC) ASEAN di Hotel Shangri La, Jakarta, Rabu, (12/7/2023).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan apresiasi sekaligus penghargaan pada Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud atas penandatanganan instrumen aksesi TAC ini.

"Arab Saudi adalah negara ke-51 yang menandatangani TAC. Hal ini mencerminkan komitmen kuat Saudi untuk mematuhi nilai-nilai dan prinsip-prinsip ASEAN sebagaimana diabadikan dalam TAC," ujar Menlu Retno, Rabu.

Menurut Retno, Arab Saudi sudah menunjukkan komitmen untuk bekerja sama dan berkolaborasi. Komitmen tersebut nantinya untuk secara konsisten menegakkan hukum internasional, komitmen untuk berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas di Asia Tenggara juga sekitarnya.

"Nilai dan prinsip tersebut semakin kritis di tengah dinamika geopolitik saat ini. Kami menyambut Arab Saudi ke Keluarga ASEAN. Bersama-sama, kita harus berperan sebagai kekuatan positif untuk perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di Kawasan Indo-Pasifik," ungkap Retno.

Terakhir, Indonesia juga menantikan KTT ASEAN-GCC (Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Teluk) di Arab Saudi pada Oktober tahun ini. [**]

Berita Lainnya

Index