Karhuta di Rohil dan Bengkalis, Tim BPBD Lakukan Monitoring

Karhuta di Rohil dan Bengkalis, Tim BPBD Lakukan Monitoring
ilustrasi karhutla

Metroterkini.com - Karhutla kembali terjadi di wilayah Riau, saat memasuki musin panas tahun ini. Seperti di wilayah perbatasan Dumai dan Bengkalis yang sudah berhasil dipadamkan, kini di dua wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Senin (29/52023) mengatakan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Sei Segajah, Kubu, Rohil dan Desa Dungun Baru, Rupat Bengkalis. 

Menurut M Edy Afrizal saat ini titik api di wilayah yang terbakar sudah berhasil di padamkan.

"Kondisi sudah berhasil dikendalikan pemadaman oleh tim darat dan water bombing," ujarnya Afrizal.

Untuk kebakaran hutan dan lahan di wilayah Rupat, Bengkalis api diduga berasal dari sisa pembakaran sebelumnya. Yang diduga api kembali hidup meski pihaknya sudah memastikan tak ada lagi api yang hidup.

"Untuk Desa Dungun Baru, Rupat di areal bekas terbakar beberapa hari yang  lalu hidup lagi dan kondisinya telah berhasil dipadamkan," lanjutnya.

Saat ini belum bisa diketahui berapa jumlah luas lahan yang terbakar. Karena tim dari BPBD masih sedang berada di lapangan untuk melakukan monitoring.

"Luasan belum dilaporkan  karena tim masih berada di lapangan dan sinyal kurang bagus. Mungkin nanti malam baru masuk laporannya," tukasnya. [***] 

Berita Lainnya

Index