Bikin Haru, Casis Bintara Polisi di Riau Tes Pakai Baju Robek

Bikin Haru, Casis Bintara Polisi di Riau Tes Pakai Baju Robek

Metroterkini.com - Video calon peserta seleksi masuk bintara polisi di Riau Muhammad Iqbal viral di media sosial. Video itu viral karena Iqbal ikut tes dengan kaos bolong-bolong.

Dari video viral yang diterima detikSumut, terlihat Iqbal tes bersama ratusan calon bintara di Mako Brimob. Namun panitia, Kompol Alvin Agung Wibawa melihat ada yang aneh dari Iqbal.

Mantan Kapolsek Tualang itu kemudian memanggil Iqbal. Benar saja, terlihat pemuda lulusan SMAN 12 Pekanbaru itu pakai kaos bolong. Bahkan di bagian lain terlihat sudah lusuh.

"Siapa namanya?," tanya Kompol Alvin kepada pemuda tersebut.

"Muhammad Iqbal pak," jawab Iqbal tegas.

"Ini kenapa koyak iqbal," kata Alvin sambil menujuk ke arah lengan baju kanan yang robak.

"Ini saya pinjam sama teman pak," jawab Iqbal lagi.

Tak lama, Iqbal menjelaskan alasan pakai baju robek. Menurutnya baju itu dipinjam dari temannya. Iqbal mengaku tak mampu beli baju karena kondisi ekonomi keluarga.

Iqbal mengaku sudah ditinggal ayahnya meninggal. Kini dia tinggal di Jalan Uka, Garuda Sakti bersama ibunya yang setiap pagi jualan lontong untuk biaya hidup.

Tidak butuh waktu lama, Alvin memanggil anggota lainnya. Kasubbag Diapers SDM Polda Riau itu meminta anggotanya untuk membelikan kaos putih sebagai pengganti kaos Iqbal yang robek.

Iqbal pun terlihat terharu setelah menerima baju kaos untuk tes bintara polri. Meskipun proses seleksi masih panjang, dia optimis bisa mengabdi untuk negara menjadi polisi.

"Itu kemarin tes saya minjam baju teman. Kebetulan uang tidak ada, jadi tidak bisa beli baju untuk tes. Kaget juga dipanggil sama bapak Alvin," ucap Iqbal ditemui di rumahnya, Jumat (12/5/2023).

Iqbal mengaku baju pemberian Alvin kini menjadi motivasi sendiri. Ia pun berharap dapat meraih mimpinya lolos dalam seleksi bintara Polri tahun 2023 ini.

"Harapannya bisa lulus. Makanya ini juga belajar giat, karena kata teman-teman ya tes Polri juga gratis karena kemarin baru tes tahapan ketiga, tes kesehatan," kata Iqbal.

Iqbal mengaku ekonomi keluarganya mulai goyang setelah ayahnya meninggal dunia beberapa tahun terakhir. Ditambah ibunya tak bisa beraktivitas banyak karena sudah berusia lanjut.

Alvin yang ditemui terpisah mengaku jika sejak awal telah melihat ada calon siswa yang pakai baju lusuh dan robek. Melihat itulah ia memanggil Iqbal.

"Sejak baris-berbaris saya sudah lihat ini kok ada casis pakai baju robek. Awalnya saya mau marahin, kok datang tes polisi pakai baju robek. Namun setelah dijawab seperti yang di video viral saya terenyuh," kata Alvin.

Ia lalu meminta anggotanya membelikan baju baru. Namun Alvin tak menyangka video itu kemudian akan viral di media.

"Nggak nyangka saja akan viral. Karena memang itu kondisinya begitu saat tes, ada ratusan casis tes kesehatan saat itu," kata Alvin.*

Berita Lainnya

Index