Cara Mengetahui WhatsApp Disadap, Lakukan 3 Cara Ini

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap, Lakukan 3 Cara Ini

Metroterkini.com - Aplikasi WhatsApp akhir-akhir ini sering dimanfaatkan oleh penjahat untuk melakukan penyadapan. Mereka mengirimkan pesan palsu agar bisa meretas ponsel seseorang.

Modus penipuan yang digunakan beragam seperti undangan digital palsu, tagihan PLN, hingga pura-pura menjadi kurir. Dalam pesan tersebut si penipu akan mengirimkan file berupa aplikasi (APK) yang ketika diklik akan langsung meminta proses instalasi.

Artikel ini akan membahas cara mengetahui WhatsApp disadap atau tidak. Cukup mudah, kamu hanya perlu teliti dalam mengecek aktivitas WhatsApp.

Dikutip dari Alphr, berikut penjelasan cara mengetahui WhatsApp disadap pada Senin (20/3/2023):

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah WhatsApp kamu disadap atau tidak. Perhatikan informasi di bawah ini.

Cek Informasi Kontak

Ketika meretas, pelaku kejahatan biasanya mengubah informasi kontak yang ada pada WhatsApp. Hal ini perlu menjadi perhatian agar tidak disepelekan.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa menekan titik tiga di pojok kanan atas. Kemudian masuk ke menu pengaturan lalu klik profil. Jika ada informasi yang berubah dan tidak akurat, cepat lakukan verifikasi dua langkah untuk mengamankan akun kamu.

Periksa Chat Terbaru

Mengecek sesi chat terakhir bisa menjadi cara mengetahui WhatsApp disadap atau tidak. Untuk melihatnya kamu perlu mengetuk tombol titik tiga di pojok kanan lalu pilih Linked Device. Jika ada perangkat tidak dikenal pada daftar "last Active..", segera lakukan Log Out.

Cek Daftar Teman

Perhatikan teman-teman kamu yang ada pada kontak WhatsApp. Jika ada yang tidak dikenal, maka kamu patut curiga. Bisa saja akun WhatsApp kamu diretas.

Cara mengeceknya yaitu dengan membuka aplikasi WhatsApp lalu tekan tombol chat yang ada pada bagian kanan bawah. Cek apakah ada teman baru yang mungkin kamu tidak kenal dalam daftar tersebut.

Cara Mengatasi WhatsApp Disadap

Kamu bisa menggunakan cara berikut untuk mengatasi akun WhatsApp kamu yang sudah tersadap. Simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Instal Ulang WhatsApp
Jika akun WhatsApp kamu tiba-tiba keluar dari perangkat, segera hapus dan instal ulang aplikasi. Pada saat itu si peretas berusaha untuk masuk ke akun WhatsApp kamu.

Ketika sudah kembali terinstal silahkan login kembali menggunakan nomor WhatsApp yang diretas. Nantinya akan ada verifikasi akun dengan menggunakan kode OTP yang dikirim melalui SMS.

Saat berhasil login, maka akun kamu dianggap pulih. Namun jika tidak, kamu bisa melakukan pelaporan ke email WhatsApp.

2. Buat Laporan ke E-mail WhatsApp

Kamu bisa membuat laporan ke e-mail WhatsApp jika cara di atas tidak berhasil dilakukan. Cukup sampaikan keluhan kamu dengan kronologinya melalui support@whatsapp.com. Semakin cepat kamu membuat laporan, semakin cepat WhatsApp melakukan investigasi untuk memulihkan akun kamu.

Itulah beberapa cara mengetahui WhatsApp disadap yang dirangkum untuk detikers berikut cara mengatasinya. Semoga informasi ini dapat membantu agar pengguna WhatsApp bisa berhati-hati. [**]

Berita Lainnya

Index