Percepatan KLA, Pemkab Kepulauan Meranti Gelar Tim GT-KLA

Percepatan KLA, Pemkab Kepulauan Meranti Gelar Tim GT-KLA

Metroterkini.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) tim gugus tugas kabupaten layak anak (GT-KLA), pada Kamis (09/03/2023) di Ruang Rapat Melati Kantor Bupati.

Rakor yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar tersebut dilaksanakan dalam rangka evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2023 sekaligus percepatan Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai kabupaten layak anak.

Rakor dipimpin langsung oleh ketua GT - KLA kepulauan Meranti, kepala bappedalitbang M. Sakinul Wadi dan dihadiri oleh Pihak Polres Kepulauan Meranti, pimpinan instansi vertikal, Pengadilan Agama, Kemenag, kepala Perangkat Daerah, Camat, lurah/kepala Desa, TP. PKK, pengurus Panti Asuhan, lembaga masyarakat, lembaga peduli perempuan dan Anak, Forum Anak Meranti dengan narasumber Fasilitator nasional Irfan Wahyudi, M. Kes. 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar mengatakan bahwa Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah melaksanakan penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA).

Dimana Kebijakan ini bertujuan mengsinergikan Sumber Daya Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha sehingga pemenuhan hak-hak Anak dan perempuan dapat dipastikan dan dapat dipenuhi.

"Namun demikian, perlu kita ketahui bersama, bahwa proses terpenting dalam pengembangan KLA yakni terjalinnya koordinasi seluruh stakeholder yang ada di daerah, guna memenuhi hak  hak anak yang memang harus dilakukan secara berkesinambungan," Ujarnya.

Oleh karena itu, H Asmar berharap,l perlu adanya penguatan koordinasi dan kolaborasi seluruh stakeholders secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan dalam melaksanakan kebijakan program dan kegiatan guna menjamin hak dan perlindungan anak hendaknya dapat terus kita tingkatkan.

Dan yang tak kalah pentingnya, komitmen dan sinergitas dari seluruh stakeholders dalam pemenuhan hak anak agar lebih terintegrasi, holistic dan berkelanjutan dari tahap perencanaan sampai tahap evaluasi, itu yang utama.

"Karena anak adalah investasi kita dimasa yang akan datang, maka menjadi kewajiban kita bersama untuk menjadikannya lebih berkualitas, sehingga mereka akan menjadi modal pembangunan," Harapnya.

Lanjut kata Wabup H Asmar, dengan telah diperolehnya predikat KLA tingkat Nindya pada Tahun 2022, perlu upaya nyata bagi semua pihak yang terlibat secara aktif khususnya Tim Gugus Tugas untuk memenuhi indikator-indikator yang di persyaratkan.

"Harapan kita predikat ini dapat kita pertahankan bahkan kita tingkatkan sampai ke tingkat KLA Utama," Harapnya.

Untuk itu, dengan terlaksananya rakoor ini diharapkan muncul inovasi-inovasi baru untuk pemenuhan hak perempuan dan anak.

"Untuk itu kepada Dinas OPD, Lintas Sektor yang masih ragu memahami secara mendalam tentang peran dan tugas masing  masing dalam penerapan KLA silakan menggunakan kesempatan ini untuk bertanya langsung kepada narasumber dan memeperdalam pemahaman berkaitan dengan KLA," Kata H Asmar.

“Sudah menjadi kewajiban kita bersama tentunya, untuk menjadikan Kabupaten Kepulauan Meranti ini sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak,” Tambahnya. [Wira]

Berita Lainnya

Index