Kapal Patroli India Buang Kapal Rohingya 'ke Perairan Indonesia

Kapal Patroli India Buang Kapal Rohingya 'ke Perairan Indonesia

Metroterkini.com - Sebuah video memperlihatkan kapal diduga membawa imigran Rohingya beredar di media sosial. Di dalam kapal terdapat anak-anak hingga orang dewasa.

Kapal kayu tersebut seperti dilihat dalam video, Rabu (8/3/2023), terombang-ambing di tengah laut. Beberapa orang dalam kapal melambaikan tangan dan memberi isyarat meminta makanan.

Nelayan Aceh meminta kapal mereka tidak terlalu dekat agar imigran Rohingya tidak berpindah kapal. Perekam video juga meminta nelayan melempar beberapa makanan ke kapal Rohingya.

"Orang Rohingya dibuang oleh patroli India ke dalam garis Indonesia. 50 mil ke dalam garis Indonesia," kata perekam video.

Dalam video lain terlihat sebuah kapal patroli tengah menarik sebuah kapal diduga berisi imigran Rohingya. Pengunggah video menarasikan kapal patroli India tengah menarik kapal Rohingya.

Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek mengaku belum mengetahui video tersebut. Namun dia mendapat laporan tiga hari lalu nelayan Aceh pernah bertemu dengan kapal pembawa Rohingya.

"Kalau yang di video saya kurang tahu, tapi info tiga hari yang lalu memang ada kapal mirip Rohingya di perbatasan Nikobar dan Pulo Aceh," kata Miftach saat dimintai konfirmasi.[**]

Berita Lainnya

Index