Keistimewaan dan Amalan Nisfu Syaban 2023? Ini Jadwal

Keistimewaan dan Amalan Nisfu Syaban 2023? Ini Jadwal

Metroterkini.com - Malam Nisfu Syaban merupakan salah satu malam yang istimewa dalam ajaran Islam. Sesuai namanya, malam Nisfu Syaban jatuh pada pertengahan bulan Syakban, yakni pada tanggal 15.

Terkhusus pada malam ini, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah, terlebih lagi beristigfar. Pasalnya, saat malam Nisfu Syaban, Allah SWT akan mengampuni hamba-Nya yang memohon ampun sekalipun dosa orang tersebut begitu banyak.

Namun, kapan malam Nisfu Syaban 2023? Supaya tidak sampai salah, berikut detikSumut sajikan jadwal malam Nisfu Syaban 2023, lengkap dengan keutamaan dan amalannya.

Tanggal Malam Nisfu Syaban 2023

Detikers mungkin bertanya-tanya, kapan malam Nisfu Syaban 2023? Dalam kalender Hijriah, malam tersebut jatuh pada 15 Syaban 1444 H. Bagaimana dengan kalender Masehi?

Jika merujuk Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023 M yang disusun Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI, tanggal 1 Syaban 1444 jatuh pada Rabu, 22 Februari 2023.

Jadi, jika dihitung dari tanggal pertama, tanggal 15 Syaban 1444 H atau Nisfu Syaban bertepatan dengan Rabu, 8 Maret 2023. Ini artinya, malam Nisfu Syaban 2023 jatuh sehari sebelumnya, yakni pada Selasa, 7 Maret 2023.

Sementara itu, jika merujuk Kalender Islam Global Tunggal 1444 H oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, tanggal 1 Syaban 1444 H jatuh pada Selasa, 21 Februari 2023.

Apabila dihitung dari tanggal pertama, Nisfu Syaban 2023 akan bertepatan dengan Selasa, 7 Maret 2023. Ini artinya, malam Nisfu Syaban 2023 menurut kalender ini jatuh pada Senin, 6 Maret 2023.

Keistimewaan Malam Nisfu Syaban
Secara keseluruhan, Syakban juga tergolong bulan yang dimuliakan. Tak kalah dengan bulan haram lainnya, bulan kedelapan kalender Hijriah ini merupakan waktu di mana amalan manusia dinaikkan kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, "Bulan Syakban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan." (HR. An Nasa'i, dinilai hasan oleh Al Albani).

Dari hadis di atas, Nabi SAW menyebutkan bahwa bulan Syakban kerap dilalaikan oleh orang-orang. Nah, meningkatkan amalan di waktu ketika manusia lain mulai lalai akan diberi ganjaran yang besar.

Ini seperti yang telah Rasulullah sabdakan dalam hadis Dari Ma'qil bin Yasar RA. Bunyinya adalah sebagai berikut:

"Ibadah dalam zaman haraj (zaman penuh fitnah dan godaan) seperti hijrah kepadaku." (HR Muslim dan Ibnu Majah).

Bagaimana dengan malam Nisfu Syaban? Apakah ada keistimewaannya? Perlu detikers ketahui, cukup banyak hadis lemah dan bahkan palsu yang menyatakan keistimewaan malam Nisfu Syaban. Namun, ada satu hadis sahih yang dapat dijadikan sebagai sandaran.

Berdasarkan penjelasan Ustaz Adi Hidayat dalam salah satu ceramahnya yang diunggah channel YouTube Masjid Baiturrahim Jakasetia, adapun hadis sahih tentang keistimewaan malam Nisfu Syaban dapat dilihat pada hadis riwayat Abu Musa Al-Asy'ari, dengan nomor hadis 1144.

Hadis tersebut dapat ditemukan dalam kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syekh Muhammad Nashiruddin Al Albani. Disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah berkata :

“Allah SWT mengamati kepada hambanya di malam pertengahan Syakban dan mengampuni yang memohon ampunan sekalipun sebanyak bulu domba di suku Kalb.”

Amalan yang Dapat Dikerjakan selama Malam Nisfu Syaban

Lantas, amalan apa saja yang dapat dikerjakan selama malam Nisfu Syaban? Berangkat dari hadis yang diriwayatkan Abu Musa Al-Asy'ari, tidak ada amalan spesifik yang harus dikerjakan. Hadis tersebut hanya menjelaskan bahwa Allah akan mengampuni mereka yang memohon ampun.

Karena tidak ada amalan spesifik, Ustaz Adi Hidayat dalam ceramah yang sama menjelaskan, biasanya sahabat-sahabat Nabi banyak melakukan dua hal berikut:

Lebih lanjut, Ustaz Adi Hidayat mengatakan, jika ada amalan yang secara khusus dikerjakan selama malam Nisfu Syaban, jumhur ulama menyepakati amalan tersebut berasal dari hadis-hadis palsu.

Sekarang, sudah tahu kapan malam Nisfu Syaban 2023, kan? Berdasarkan penjelasan di atas, malam Nisfu Syaban 2023 jatuh pada Selasa, 7 Maret 2023 atau Senin, 6 Maret 2023.

Adapun amalan yang dapat dikerjakan bisa berupa qiyamul lail dan memperbanyak istigfar. Perlu diingat, ulama mengatakan bahwa amalan-amalan spesifik selama malam ini hanya berasal dari hadis-hadis palsu. [**]

Berita Lainnya

Index