Microsoft Akan Bekali Word dan PowerPoint dengan AI Ala ChatGPT

Microsoft Akan Bekali Word dan PowerPoint dengan AI Ala ChatGPT

Metroterkini.com - Microsoft akan memperluas integrasi kecerdasan buatan (AI) ala ChatGPT di produk-produknya. Setelah membekali Bing dan browser Edge dengan AI, kini giliran sederet aplikasi Office yang mendapatkan update serupa.

Menurut laporan The Verge, Microsoft sedang bersiap untuk memamerkan integrasi AI di aplikasi Office seperti Word, PowerPoint, Outlook, dan aplikasi Microsoft 365 lainnya. Kabarnya, demonstrasi ini akan dilakukan pada bulan Maret mendatang.

Sumber yang familiar dengan rencana Microsoft mengatakan demonstrasi ini akan menunjukkan bagaimana teknologi Prometheus Model dan bahasa AI milik Open AI bisa membantu aplikasi produktivitas Microsoft.

Sebelumnya The Information melaporkan Microsoft sudah menguji coba model GPT di Outlook untuk meningkatkan hasil pencarian. Selain itu ada juga fitur untuk merekomendasikan balasan email dan integrasi ke dokumen Word untuk meningkatkan tulisan pengguna.

Microsoft sebelumnya juga sudah memamerkan sistem Viva Sales yang ditenagai AI pada pekan lalu. Demonstrasi itu menunjukkan integrasi Azure OpenAI Service dan GPT untuk membuat email, mirip seperti beberapa fitur yang diuji coba Microsoft di Outlook.

Selain membantu pembuatan email dan tulisan, Microsoft juga sedang mengembangkan cara untuk membuat diagram dan grafik di PowerPoint menggunakan AI, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (14/2/2023).

Secara teknis, pengguna browser Microsoft Edge sudah bisa menjajal aplikasi Office di web yang ditenagai AI berkat integrasi Prometheus Model di sidebar Bing. Sidebar itu dilengkapi tab compose yang bisa diintegrasikan dengan Word dan Outlook.

Laporan ini menunjukkan gerak cepat Microsoft dalam meluncurkan fitur baru yang ditenagai AI untuk produk-produknya. Perusahaan besutan Bill Gates ini sepertinya ingin banyak orang menjajal produknya sebelum Google bisa meluncurkan pesaing ChatGPT.

Rumor yang beredar mengatakan Microsoft awalnya baru akan memperkenalkan Bing versi baru bertenaga AI pada akhir Februari. Namun event itu dipercepat dan digelar sebelum pengumuman Bard, pesaing ChatGPT dari Google. [**]

Berita Lainnya

Index