Tank Amerika dan Jerman Dikerahkan ke Ukraina, Putin Kelabakan?

Tank Amerika dan Jerman Dikerahkan ke Ukraina, Putin Kelabakan?

Metroterkini.com - Amerika Serikat dan Jerman akhirnya akan mengirimkan tank canggih buatan mereka untuk membantu Ukraina melawan Rusia. Akankah pasukan Vladimir Putin kelabakan dengan perlengkapan baru Ukraina itu?

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan akan mengerahkan 31 tank M1 Abrams ke Ukraina. Sedangkan Kanselir Jerman Olaf Scholz, menyebut pihaknya akan mengirimkan 14 tank Leopard 2 untuk tahap pertama. Mungkin jumlahnya akan ditambah lagi di masa depan.

Seperti dikutip dari CNN, Kamis (26/1/2023) masuknya tank-tank Barat itu berpotensi mengubah jalannya perang dan dinilai sebagai terobosan dalam dukungan militer Barat untuk Kyiv.

Dengan bantuan serangan ofensif tank, maka Ukraina berpotensi untuk merebut kembali lebih banyak tanah yang diduduki Rusia, daripada fokus selama ini untuk memukul balik serangan Rusia.

Tank itu diprediksi meningkatkan persenjataan Ukraina menjelang pertempuran darat di musim semi mendatang. Ukraina bersiap untuk serangan Rusia dalam beberapa minggu mendatang, yang bertujuan menyelesaikan penguasaan wilayah Luhansk dan Donetsk, tujuan utama yang ditetapkan Presiden Vladimir Putin.

Tank generasi baru dari barat itu merupakan senjata ofensif langsung paling kuat yang disediakan untuk Ukraina sejauh ini, dirancang menghadapi musuh secara langsung alih-alih menembak dari jarak jauh. Jika digunakan dengan benar dengan pelatihan tepat, Ukraina dinilai bisa merebut kembali wilayah yang diduduki pasukan Rusia.

Pejabat Ukraina mengatakan mereka membutuhkan beberapa ratus tank tempur, tidak hanya untuk mempertahankan posisi mereka saat ini tetapi juga untuk melakukan perlawanan terhadap musuh dalam beberapa bulan mendatang.

"Tentu saja, kami membutuhkan sejumlah besar tank Barat. Mereka jauh lebih baik daripada model Soviet dan dapat membantu kami maju," kata Letnan Jenderal Serhiy Naiev, pejabat militer Ukraina.

Pengoperasian tank Abrams dari Amerika akan membutuhkan waktu lebih lama karena sistemnya lebih kompleks. Sedangkan tank Leopard diprediksi bisa dipakai relatif lebih cepat karena lebih mudah dioperasikan.[**]

Berita Lainnya

Index