Singapura Jadi Kota Termahal di Asia, Jakarta Urutan Berapa?

Singapura Jadi Kota Termahal di Asia, Jakarta Urutan Berapa?

Metroterkini.com - Singapura menjadi kota dengan biaya hidup termahal di Asia. Bila tinggal di sana, siap-siap harus mengeluarkan biaya besar untuk makan hingga sewa apartemen.

Daftar kota dengan indeks biaya hidup tertinggi tahun 2023 telah dirilis. Perilisan ini dilakukan Numbeo, situs yang menyajikan basis data kontribusi pengguna terbesar di dunia tentang kota dan negara.

Numbeo menunjukkan hasil penghitungan dari sejumlah indeks yang membuat sebuah kota disebut mahal. Setidaknya ada 6 indeks yang digunakan dalam penilaian yaitu Indeks Biaya Hidup, Indeks Sewa, Indeks Biaya Hidup dan Sewa, Indeks Bahan Makanan, Indeks Restoran, dan Indeks Daya Beli Lokal.

Semua indeks ini dibandingkan dengan ukuran biaya di New York City. Sebuah kota akan memiliki nilai indeks 100 persen bila sama dengan di New York. Semakin kecil persentase maka nilainya lebih kecil dibandingkan New York.

Dari keenam indeks tadi, berikut ini penjelasan untuk masing-masing indeks:

1. Indeks Biaya Hidup adalah indikator relatif dari harga barang konsumsi, termasuk bahan makanan, restoran, transportasi dan utilitas.

2. Indeks Sewa adalah perkiraan harga sewa apartemen di kota dibandingkan dengan New York City.

3. Indeks Bahan Makanan adalah estimasi harga grosir di kota dibandingkan dengan New York City. Untuk menghitung bagian ini, Numbeo menggunakan bobot barang di bagian pasar untuk setiap kota.

4. Indeks Restoran adalah perbandingan harga makanan dan minuman di restoran dan bar dibandingkan dengan New York City.

5. Indeks Biaya Hidup Plus Sewa adalah perkiraan harga barang konsumsi termasuk sewa dibandingkan dengan New York City.

6.Indeks Daya Beli Lokal menunjukkan daya beli relatif dalam membeli barang dan jasa di kota tertentu untuk rata-rata gaji bersih di kota itu.

Untuk mengumpulkan data, Numbeo bergantung pada input pengguna dan data yang dikumpulkan secara manual dari sumber resmi (situs web supermarket, situs web perusahaan taksi, lembaga pemerintah, artikel surat kabar, survei lain). Data tersebut kemudian diolah sampai menghasilkan angka-angka pada indeks yang dirilis pada situs mereka.

Numbeo sendiri melakukan penilaian pada 118 kota di Asia. Kota termahal diduduki oleh Singapura sedangkan kota termurah adalah Peshawar di Pakistan.

Sebagai kota termahal, Singapura memiliki Indeks Biaya Hidup sebesar 85.9. Kemudian Indeks Sewa 85.3. Sedangkan Indeks Biaya Hidup dan Sewa adalah 85.6.

Kemudian untuk Indeks Bahan Makanan adalah 74, Indeks Restoran sebesar 58.4 dan Indeks Daya Beli Lokal sebesar 95.6.

Berikut 10 kota termahal di Asia tahun 2023 versi Numbeo:
1. Singapura, Singapura
2. Netanya, Israel
3. Ramat Gan, Israel
4. Beirut, Lebanon
5. Tel Aviv-Yafo, Israel
6. Seoul, Korea Selatan
7. Petah Tikva, Israel
8. Haifa, Israel
9. Tokyo, Jepang
10. Yerusalem, Israel

Bagaimana dengan Jakarta? Ibu kota Indonesia ini menempati peringkat ke-59 di Asia.

Indeks Biaya Hidup Jakarta adalah 35.1, Indeks Sewa 14.9, Indeks Biaya Hidup dan Sewa sebesar 25.4, lalu Indeks Bahan Makanan 37.3, Indeks Restoran 20.5, dan Indeks Daya Beli mencapai 33.

Selain Jakarta, dalam daftar 118 kota termahal di Asia itu juga ada kota asal Indonesia lainnya. Mereka adalah Kota Bandung dan Kota Surabaya yang masing-masing menempati peringkat 68 dan 71. [**]

Berita Lainnya

Index