Pomnas XVII di Padang, Riau Raih 3 Medali dari Tarung Derajat

Pomnas XVII di Padang, Riau Raih 3 Medali  dari Tarung Derajat

Metroterkini.com - Duo atlet Tarung Derajat Bengkalis, Fikri Alvfiandi dan Nur Ulfa Syahra menyumbang medali perak bagi kontingen Riau dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVII yang digelar di Kota Padang, Sumatera Barat, Jum'at (25/11/22).

Fikri Alvfiandi yang turun dikelas 55,1-58 kg, di final harus mengakui keunggulan Muhammad Ikbar dari Jawa Timur dengan skor 1-2. Sedangkan Nur Ulfa Syahara terpaksa mengakui keunggulan Kathrisya Berlianie dari DKI dengan skor 1-2.

Sementara Bobi yang turun dikelas 64,1-67 kg terhenti disemifinal, akhirnya memperoleh medali perunggu.

Ketua Tarung Derajat Kabupaten Bengkalis, H. Muhammad Reza Afriansyah yang membawa atlet Tarung Derajat ke Pomnas XVII meminta maaf kepada masyarakat Riau, karena belum berhasil mempersembahkan medali emas.

"Saya selaku Ketua Tarung Derajat Kabupaten Bengkalis meminta maaf kepada masyarakat Riau, karena belum bisa mempersembahkan medali emas," kata H. Muhammad Reza Afriansyah yang akrab disapa Aan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pomnas XVII yang digelar di Kota Padang, Sumatera Barat berlangsung dari 17-27 November 2022, diikuti 34 provinsi. Pomnas XVII Mempertandingkan 14 cabang olahraga, diantaranya: Atletik , Bulutangkis, Taekwondo, Karate, Pencak Silat, Renang, Futsal, Voli, Panjat Tebing, dan Tarung Derajat.

Disemifinal, Fikri Alvfiadi mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis berhasil mengandaskan perlawanan Gilang Ramadhan D dari Jawa Barat dengan skor 2-1. Sementara Nur Ulfa Syahra yang tercatat sebagai mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, melaju ke final setelah disemifinal menundukkan Nabila Hawa dari Kalimantan Barat dengan skor 3-0.

Sedangkan satu Petarung kontingen Riau atas nama Bobi Prabowo harus terhenti di semifinal setelah dikalahkan Achmad dari Jawa Tengah dengan skor 3-0.

Dengan 2 perak, 1 perunggu sebuah prestasi yang perlu diapresiasi. Sebab, lawan yang dihadapi Fikri dan Ulfa di final dan Bobi disemifinal kemungkinan besar akan tampil di pra-PON Aceh-Medan 2024.

Aan lebih jauh menjelaskan, dari Cabor Tarung Derajat keluar sebagai juara umum kontingen Pomnas Sumatera Barat. Namun, Aan tak tahu pasti berapa keping medali ema yang berhasil direbut anak-anak Ranah Minangkabau tersebut.

"Juara umumnya Sumatera Barat, tapi aku tak tahu berapa jumlah medali emasnya. Yang pasti Sumbar juara umum," tegasnya. [rudi]

Berita Lainnya

Index