Biksu Thailand Digebuk Polisi saat Demo di KTT APEC Bangkok

Biksu Thailand Digebuk Polisi saat Demo di KTT APEC Bangkok

Metroterkini.com - Polisi Thailand menggebuk biksu yang ikut berdemo saat konferensi tingkat tinggi Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) berlangsung di Bangkok, Jumat (18/11).

Dari jepretan foto AFP, tampak seorang polisi menggebuk seorang biksu yang mengenakan pakaian dan masker berwarna oren. Polisi lain bersiap dengan membawa pentungan.

Biksu berusaha menahan diri dan nyaris terjatuh. Dalam foto yang beredar, tampak beberapa orang berusaha menahan dia.

Di salah video yang beredar di media sosial, polisi terlihat mendorong sang biksu hingga terlontar beberapa langkah. Ia berusaha lari dan menghindar, tetapi polisi terus mengejar dan mendesaknya.

"Polisi menghajar seorang biksu," tulis salah satu netizen Twitter berbahasa Thailand.

Sebelumnya, sekitar 350 orang berdemonstrasi di tengah gelaran KTT APEC di Bangkok. Mereka memprotes forum itu dan Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-O-cha.

Menurut penanggung jawab gugus tugas keamanan APEC, Inspektur Ashyan Krai Thong, mengatakan aksi itu berada di sekitar 10 kilometer dekat lokasi pertemuan puncak forum ekonomi itu.

Video yang beredar di media sosial, tampak para pedemo mencoba mendorong mobil pasukan keamanan, melempar proyektil, hingga menyerang polisi.

Sementara itu, petugas anti huru- hara bergerak ke arah pedemo dan berusaha memukul mundur mereka dengan pentungan.

Sejauh ini, tercatat ada sepuluh orang yang ditangkap.

"Para pengunjuk rasa melanggar hukum, menyerang petugas polisi secara fisik," kata Ashyan.

Salah satu aktivis yang ikut aksi itu, mengatakan petugas keamanan bertindak berlebihan dan menggunakan kekerasan.

"Polisi bereaksi berlebihan. Mereka menggunakan peluru karet pada kami dan berusaha menghentikan kami berkali-kali," kata dia kepada Reuters.

Banyak pemimpin negara menghadiri KTT APEC, mulai dari Presiden Indonesia Joko Widodo, Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Presiden Prancis Emmanuel Macron hingga PM Selandia Baru Jacinda Ardern.

KTT APEC berlangsung dua hari usai KTT G20 di Bali pada 15-16 November. [**]

 

Berita Lainnya

Index