Jelang KTT G20, Presiden AS Joe Biden Tiba di Bali

Jelang KTT G20, Presiden AS Joe Biden Tiba di Bali

Metroterkini.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Bali. Biden bakal menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Kedatangan Biden di Indonesia ditayangkan di Instagram Live G20 Indonesia, Minggu (13/11/2022). Biden menggunakan pesawat Air Force One berwarna biru dengan kelir putih dan biru muda.

Begitu turun dari pesawat, Biden disambut oleh tarian khas Bali. Biden tampak tersenyum dan berjalan menuju mobil.

Sejumlah orang mengawal kedatangan Biden. Setelah itu, mobil Biden langsung meninggalkan bandara menuju tempat bermalam.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menyatakan 17 kepala negara maupun kepala pemerintahan bakal menghadiri KTT G20 di Bali. Jokowi senang dengan tingkat kehadiran para pemimpin dunia itu mengingat situasi dunia yang sedang sulit.

"Saya sudah dapat laporan bahwa semuanya sudah siap 17 kepala negara hadir dan ini sangat menggembirakan di tengah masa yang sulit seperti sekarang ini," kata Jokowi dalam pernyataan pers usai tiba di Bali, Minggu (13/11).

Jokowi juga menyatakan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping bakal hadir. Selain itu, Jokowi menegaskan komitmen Indonesia bagi perdamaian dunia.

"Apalagi Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping juga akan hadir. Indonesia terus memperjuangkan perdamaian dunia serta menjadi bagian dari solusi berbagai krisis dan pemulihan ekonomi," ujar Jokowi.

KTT G20 Indonesia

Sebagaimana dikutip dati situs resmi, G20 merupakan sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia. Anggota G20 merepresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Forum KTT G20 intens dilakukan setiap tahun dengan menghadirkan masing-masing kepala negara ataupun kepala pemerintahan. Tahun ini, Indonesia resmi memegang presiden G20 setelah sebelumnya diemban oleh Italia.

Dalam kepemimpinannya, Indonesia mengusung semangat pulih bersama dengan tema 'Recover Together, Recover Stronger'. Ada tiga isu prioritas dalam presidensi G20 Indonesia yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan.

KTT G20 Indonesia dilaksanakan di Bali pada 15-16 November 2022. Acara ini merupakan pertemuan puncak dari rangkaian agenda G20 selama presidensi G20 Indonesia. [**]
 

Berita Lainnya

Index