Tour de Muara Takus, Ini Rute Jalan Riau-Sumbar yang Ditutup

Tour de Muara Takus, Ini Rute Jalan Riau-Sumbar yang Ditutup

Metroterkini.com - Pelaksanaan Tour de Muara Takus yang start dari Pekanbaru-Kampar akan berlangsung besok, 12 November 2022. Ruas jalan dari Riau menuju Sumatera Barat akan ditutup selama 2,5 jam.

Wakil Direktur Lalulintas Polda Riau AKBP Donni Eka memastikan Tour de Muara Takus dimulai pukul 06.00 WIB dari Polda Riau. Pada start pertama ini, jarak tempuh 45 km dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit.

"Start dari Mapolda Riau ke arah SPN itu ada banyak jalur. Sampai ke pit stop 1 di Istana Kesultanan Kampar," tegas Donni, Jumat (11/11/2022).

Selanjutnya dari pit stop 1 menuju pit stop 2 akan melewati beberapa rute, di antaranya ada jalan tol Pekanbaru-Bangkinang. Pada rute ini, kendaraan roda 4 ke atas diarahkan ke tol.

Sementara untuk pengendara motor akan disesuaikan. Pengendara yang berpapasan akan diminta setop sementara karena ada ratusan peserta melintas atau dialihkan.

"Yang mobil kita arahkan melewati tol dan sepeda motor nanti kondisional. Ya kalau papasan kita setop sementara karena kan gowes lewat jalan nasional," katanya.

Lanjut dari pit stop 2 sampai ke pit stop 3 jalanan akan ditutup sementara selama 1 jam 30 menit. Sebab semua peserta akan melintas dari Bangkinang menuju pit stop 3 di Batubasurat.

"Untuk pit stop 2 menuju 3 ada kita tutup sekitar 1 jam 30 menit. Lalu jalan lagi ke titik finish diperkirakan 30-60 menit. Maka diperkirakan hanya 2-2,5 jam ditutupnya," kata Donni.

Donni pun secara tegas membantah isu jalan lintas Riau-Sumbar ditutup selama lebih dari tujuh jam. Dia hanya memastikan pelaksanaan dari pukul 06.00 WIB dan paling lama akan selesai pukul 13.00 WIB.

"Tidak sampai tujuh jam ditutup. Tujuh jam itu kan waktu pelaksanaan. Jadi tidak benar kalau tujuh jam ditutup. Ada beberapa dialihkan dan setop sementara," katanya tegas.

Donni mengimbau masyarakat untuk tidak melintas pada waktu tersebut. Kalau pun ingin melintas, diharapkan bergerak lebih awal sebelum pukul 09.00 WIB.

"Imbauannya untuk masyarakat yang mau ke Sumatera Barat atau sebaliknya kami sarankan pagi hari sebelum pukul 09.00 WIB. Tapi lebih baik setelah jam 12 siang bagusnya melintas besok," katanya. [**]

Berita Lainnya

Index