Menikmati Kuliner Mie Lendir, Khas Kepri yang Wajib Dicoba!

Menikmati Kuliner Mie Lendir, Khas Kepri yang Wajib Dicoba!

Metroterkini.com - Berkunjung ke suatu daerah kurang pas rasanya tidak menikmati kuliner khas daerah tersebut. Mie Lendir salah satu makanan khas yang wajib dicoba saat ada di Batam, Kepulauan Riau.

Mie Lendir ini bisa didapat di sejumlah wilayah Kepri, tidak hanya di Kota Batam. Mie Lendir merupakan makanan yang cukup terkenal dan menjadi salah satu menu sarapan yang cukup digemari.

Kuliner satu ini disebut Mie Lendir karena memiliki kuah dengan tekstur kental sehingga terlihat seperti lendir, namun jangan khawatir, rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahan dasar kuah Mie Lendir ialah kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan dipadukan dengan tepung kanji atau tepung maizena, dan gula merah.

Penyajiannya, Mie Lendir sendiri ditambah potongan telur rebus, tauge dan juga daun bawang. Ketika dicicipi rasa manis gurih akan terasa di lidah. Untuk menambah rasa dan menggugah selera biasanya mie lendir ditaburi bawang goreng dan untuk menambah rasa pedas biasanya ditambahkan potongan cabai rawit.

Mie lendir ini bisa ditemui di sejumlah kedua kopi di Kota Batam. Akan tetapi salah satu penjual mie lendir yang cukup terkenal di Batam adalah Warung Mak Yah yang terletak di Kecamatan, Batu Besar, Nongsa, Kota Batam Bangka. Konon kelezatan Mie Lendir di sini sudah ada sejak tahun 80-an. Harga seporsi Mie Koba dibandrol dengan harga Rp 13.000.

Salah satu pengunjung Warung mak Yah, Dicky Sigit, mengaku sering bersantap sarapan di warung tersebut. Ia mengaku sering menyantap sarapan dua sampai tiga kali dalam kurun dua Minggu.

"Biasanya ke sini sama istri dan anak. Tapi kali ini bersama teman. Padahal dua hari lalu ke sini sama keluarga. Di sini tempatnya nyaman pemandangan pantai," kata Dicky saat dijumpai di warung Mak Yah pada Sabtu (5/11/2022).

Dicky juga mengaku sering merekomendasikan kuliner Mie Lendir untuk rekannya dari luar Kepri yang berkunjung ke Batam.

"Kalau ada teman dari luar daerah biasanya saya ajak makan Mie Lendir dan respons mereka cukup bagus," ujarnya. [**]

Berita Lainnya

Index