Manusia Laba-laba Berusia 60 Tahun Panjat Gedung 48 Lantai Tanpa Alat

Manusia Laba-laba Berusia 60 Tahun Panjat Gedung 48 Lantai Tanpa Alat

Metroterkini.com - Seorang pendaki solo yang digambarkan sebagai "Manusia Laba-laba Perancis" telah memanjat gedung pencakar langit 48 lantai di Paris, untuk memenuhi target yang dia tetapkan untuk dirinya sendiri begitu dia mencapai usia 60 tahun.

Alain Robert telah memanjat banyak gedung tertinggi di dunia, seringkali tanpa izin. Mengenakan pakaian merah pada Sabtu (17/9/2022), Robert mengangkat tangannya tinggi-tinggi saat mencapai puncak gedung Tour Total setinggi 187 meter, yang menjulang di atas distrik bisnis La Defense di ibu kota Perancis.

"Saya ingin mengirim pesan kepada orang-orang bahwa menjadi 60 bukanlah apa-apa. Anda tetap bisa berolahraga, aktif, melakukan hal-hal luar biasa,” kata Robert, yang berulang tahun ke-60 bulan lalu.

"Saya berjanji pada diri sendiri beberapa tahun yang lalu bahwa ketika saya mencapai 60, saya akan memanjat menara itu lagi karena 60 melambangkan usia pensiun di Perancis dan saya pikir itu adalah catatan yang bagus.” Robert, yang juga ingin menggunakan pendakian ini untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya tindakan iklim, telah mendaki Tour Total beberapa kali.

Dia mulai mendaki pada 1975, berlatih di tebing dekat kota kelahirannya Valence di Perancis selatan. Dia melakukan pendakian solo pada 1977 dan dengan cepat menjadi pemanjat terkemuka. Sejak itu, ia telah memanjat lebih dari 150 bangunan menjulang di seluruh dunia, termasuk Burj Khalifa Dubai – gedung tertinggi di dunia – Menara Eiffel dan Jembatan Golden Gate San Francisco.

Dia memanjat tanpa alat pengaman, hanya menggunakan tangan kosong, sepasang sepatu panjat, dan sekantong kapur bubuk untuk menyeka keringat.

Pada Oktober 2018, ia ditangkap setelah memanjat Menara Salesforce London setinggi 202 meter – sebelumnya Menara Heron – tanpa tali atau peralatan keselamatan lainnya. Pada September 2019, Robert ditahan oleh polisi Jerman setelah memanjat gedung bertingkat tinggi di Frankfurt.

Robert, yang saat itu berusia 57 tahun, membutuhkan waktu 20 menit untuk mendaki gedung Skyper setinggi 153 meter di jantung ibu kota keuangan Jerman.

Robert termasuk salah satu pendaki terhebat dalam sejarah dan mengklaim bahwa fokus yang luar biasa adalah rahasia kemampuannya.

"Dalam permainan saya ada kehidupan di satu sisi, kematian di sisi lain.”

Pilihannya sederhana: "Ini takut atau fokus," kata Robert pada April.

Dia mengaku sempat merasakan takut sebelum mendaki. Tapi begitu jarinya menyentuh pegangan pertama, ketakutannya menguap. [**]
 

Berita Lainnya

Index