Renovasi Dapur, Pasangan Ini Temukan Koin Emas Senilai Rp4,2 Miliar

Renovasi Dapur, Pasangan Ini Temukan Koin Emas Senilai Rp4,2 Miliar

Metroterkini.com – Pasangan di Inggris mendapatkan harta karun saat merenovasi dapur mereka, dan menemukan setumpuk koin langka bernilai £250.000 (sekira Rp4,2 miliar), terkubur di bawah lantai.

Pasangan dari Ellerby di North Yorkshire itu, mengira mereka telah mengenai kabel listrik di bawah lantai beton saat membongkar lantai. Tetapi, ternyata yang mereka temukan adalah cawan terisi penuh dengan lebih dari 260 koin emas.

Tanggal tertua koin-koin itu berasal dari masa pemerintahan Raja James I, mencakup periode Stuart hingga hari-hari terakhir pemerintahan Raja George I.

Koleksi tersebut bernilai £250.000 dan akan dijual oleh rumah lelang Spink pada Oktober, demikian diwartakan ITV.

Pasangan, yang tidak ingin disebutkan namanya itu, melaporkan temuan mereka ke juru lelang tak lama setelah mereka menemukan itu pada 2019.

Koin dapat dinyatakan sebagai harta dan menjadi milik kerajaan jika dua atau lebih ditemukan dan berusia setidaknya 300 tahun.

Karena koin terbaru dalam tumpukan itu baru berusia 292 tahun ketika pasangan itu menemukannya, seluruh koleksinya dianggap berusia kurang dari tiga abad. Ini berarti pasangan itu dinyatakan sebagai pemilik resmi timbunan itu dan dapat menjualnya.

Pemilik asli koin tersebut diperkirakan adalah Joseph dan Sarah Fernley-Maisters, yang menikah pada 1694.

Keluarga Maisters mungkin adalah keluarga pedagang paling berpengaruh di Hull dari akhir abad ke-16 hingga ke-18.

Mereka memperdagangkan bijih besi, kayu dan batu bara, dan beberapa generasi keluarga menjabat sebagai Anggota Parlemen pada awal 1700-an.
"Ini adalah penemuan yang luar biasa dan benar-benar tak terduga dari lokasi penemuan yang begitu sederhana,” kata Juru Lelang Spink, Gregory Edmund.

"Merupakan hak istimewa yang luar biasa untuk berbagi dalam penemuan yang luar biasa ini dan menjelajahi timbunan ini untuk kepentingan generasi mendatang." [**]

Berita Lainnya

Index