Inilah Deretan Tempat Kuliner Terkenal di Kota Lama Semarang

Inilah Deretan Tempat Kuliner Terkenal di Kota Lama Semarang

Metroterkini.com - Semarang jadi salah satu tujuan utama wisata utama di Jawa Tengah. Sebagai Ibu Kota Provinsi, wilayah dengan julukan Kota Lumpia ini memang menawarkan rentetan pesona wisata yang sangat menggoda untuk segera dijelajahi. Ada Kota Lama, Lawang Sewu, Saloka Theme Park, dan lainnya. Transportasi di Semarang banyak, termasuk juga travel di dalamnya.

Pilihan travel yang membuka rute ke Semarang juga banyak, contohnya adalah Citi Transindo Executive Shuttle atau Cititrans. Ini merupakan perusahaan jasa transportasi yang didirikan di Bandung. Sekarang sudah membuka rute ke berbagai tempat, termasuk dari Solo ke Semarang. Cara pesannya mudah, bisa lewat Traveloka. Dengan pesan tiket travel Cititrans Traveloka, liburan jadi makin praktis.

Dari banyaknya tempat wisata yang sudah disebutkan, Kota Lama jadi salah satu favorit. Tidak hanya jadi lokasi hunting foto, namun juga bisa berburu kuliner. Berikut ini daftar rekomendasi kuliner terkenal di sekitaran Kota Lama, Semarang.

Sate dan Gule Kambing 29

Salah satu tujuan utama saat orang-orang berburu kuliner di Kota Lama adalah Sate Gule Kambing 29. Bukan tanpa alasan tempat ini hampir selalu tidak pernah sepi dengan pengunjung, citarasa menunya memang menggoyang lidah. Lokasinya juga sangat strategis, di depan Gereja Blenduk. Tepatnya berada di Jl. Letjen Suprapto No. 29.

 Seperti namanya, tempat ini menawarkan menu berupa sate dan juga gule. Tempat makan ini juga sudah legendaris, telah berdiri sejak 1963. Ciri has sate di sini potongannya cukup tebal, namun tetap empuk. Gulenya juga tidak kalah menggoda, citarasanya sangat pas. Jadi jangan lewatkan untuk mencobanya jika jalan-jalan di sekitaran Kota Lama.

Nasi Koyor Kota Lama

Ada pula namanya Nasi Koyor Kota Lama yang melegenda sejak tahun 1955. Di tempat ini menyuguhkan nasi dengan koyor urat sapi yang sangat empuk saat digigit. Lokasinya memang sederhana, semi permanen dengan interior yang juga tradisional. Meski begitu, pelanggannya datang dari berbagai kalangan. Masyarakat biasa sampai para pejabat.

 Koyor di tempat ini memang terkenal dengan tingkat keempukan yang memanjakan mulut, tidak alot sama sekali. Karena proses pengolahannya sendiri memakan waktu kurang lebih 3 jam. Mereka juga masih menggunakan arang, sehingga membuat citarasanya makin menggoda. 

 Alamat tepatnya berada di Jl Gelatik No. 7, Purwodinatan, Semarang, di samping Gedung Marba. Jam bukanya mulai dari pukul 08:30-15:00 WIB.

Gule Bustaman Pak Sabar 

Selain di Sate dan Gule Kambing 29, ada pula tempat gule lainnya yang enak di Kota Lama. Namanya adalah Gule Bustaman Pak Sabar. Jika dilihat sekilas, gule di tempat ini tidak jauh beda dengan lokasi lain. Namun jika dirasakan, citarasanya akan lebih kuat. Karena memang menggunakan berbagai rempah khas Arab dan santan diganti dengan minyak kelapa buatan sendiri.

Karena tidak menggunakan santan, gulai di tempat ini lebih tahan lama. Resep yang diusung sudah dari generasi ke generasi, jadi rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Tempatnya sudah berdiri sejak 1970-an, berada di sekitaran Kota Lama, di belakang Gereja Blenduk.

Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Tempat lainnya yang juga hampir tidak pernah sepi dari pembeli adalah Nasi Goreng Babat Pak Karmin. Di sini ada dua menu utama yang bisa dipilih, yakni nasi goreng babat dan juga babat gongso. Bagi yang tidak suka aneka jeroan, bisa diganti dengan telur ada daging ayam yang tidak kalah nikmatnya.

Tenang saja, babat di tempat ini sudah bersih, dicuci dengan air mengalir berkali-kali dan dimasak selama berjam-jam. Jadi tidak ada aroma mengganggu dan babatnya sudah empuk. Alamatnya berada di sekitaran Mberok, Kota Lama, Semarang. 

Bakso Sapi & Kakap Pak Doel

Jika ingin mencoba makanan hangat dan menyegarkan saat berada di Kota Lama, Bakso Sapi dan Kakap Pak Doel bisa dicoba. Tempatnya sudah beroperasi mulai 1970-an, yang digadang-gadang sebagai pelopor munculnya bakso kakap di sekitaran Kota Lama.

Jika dibandingkan dengan daging sapi, ikan kakap akan jauh berbeda. Selain bakso sapi dan kakap, ada juga bakso balungan yang tidak kalah sedapnya. 

Guna membuat citarasanya makin lengkap, jangan lupa tambahkan dengan pangsit, tahu, bakso goreng, dan juga jeroan. Alamatnya berada di Jl. Branjangan No. 10 a, Tanjung Mas, Kota Semarang, berada di belakang Gereja Blenduk.

Jangan hanya berburu lumpia saja saat di Semarang, pilihan kuliner lainnya juga sangat menggoda untuk dicicipi. Dan itulah 5 rekomendasi tempat yang sangat terkenal di sekitaran Kota Lama, Semarang. Semoga Anda berkesempatan mencoba semuanya. [**]

Berita Lainnya

Index