Kiamat Internet Guncang Kanada, Ini Penyebabnya

Kiamat Internet Guncang Kanada, Ini Penyebabnya

Metroterkini.com - Kiamat internet baru saja melanda Kanada, di mana banyak penduduknya tak bisa terkoneksi. Penyebabnya adalah ada gangguan yang menimpa Roger Communications, operator raksasa di negara maju itu. Apa penyebabnya?

Pihak Rogers Communications telah meminta maaf pada masyarakat. "Gangguan ini terjadi setelah update maintenance di jaringan inti kami," kata CEO Rogers, Tony Staffieri dalam penjelasan singkatnya.

Gangguan terjadi mulai hari Jumat (8/7) waktu setempat dan berlangsung lebih dari 15 jam. Banyak pengguna Rogers tidak bisa terkoneksi baik melalui ponsel maupun layanan lainnya.

Akibatnya transaksi perbankan, layanan darurat, pengadilan, kantor imigrasi sampai kesehatan mengalami gangguan. Saat ini, layanan disebut mulai pulih secara penuh bagi semua konsumen.

"Tim teknis kami bekerja keras untuk memastikan bahwa semua konsumen bisa kembali online secepat mungkin. Sekali lagi, kami meminta maaf atas gangguan ini kepada konsumen," kata Rogers di Twitter.

Polisi menyebut banyak orang jadi tidak bisa terkoneksi dengan layanan darurat 911. Konser penyanyi terkenal The Weeknd juga harus tertunda. Hal ini menjadi pengingat betapa manusia modern sangat tergantung pada internet dan kelabakan jika terjadi gangguan skala besar.

Rogers Communications adalah operator telekomunikasi terbesar di Kanada, dengan hampir 11 juta pelanggan. Ini adalah kedua kalinya terjadi gangguan besar yang menimpa operator itu dalam setahun belakangan.

Orang-orang yang terimbas kiamat internet pun banyak yang datang ke kafe yang WiFi-nya masih berfungsi. 

"Ada banyak orang di sini dengan laptopnya hanya untuk bekerja karena tidak ada internet di rumah," kata seorang pengunjung Starbucks di kota Toronto. [**]

Berita Lainnya

Index