Jokowi Sumbang Sapi Kurban Bobot 814 Kg untuk Pekanbaru

Jokowi Sumbang Sapi Kurban Bobot 814 Kg untuk Pekanbaru

Metroterkini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan sapi kurban jenis Simmental dengan bobot 814 Kg. Sapi itu dibeli dari peternak di Pekanbaru dengan harga Rp 70 juta.

"Sapi kurban bantuan presiden sudah ada dapat. Sapi dari peternak asal Pekanbaru dengan bobot 814 Kg," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau Herman, Selasa (5/7/2022).

Herman mengatakan, sapi kurban bantuan presiden itu jenis Simmental. Sapi tersebut dibeli setelah dilakukan cek kesehatan dan penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Jadi awalnya ini dari beberapa sapi yang diseleksi. Tapi sapi milik peternak Afrizal, warga Jalan Purwodadi Ujung inilah yang dipilih," kata Herman.

Pemilik ternak, Afrizal mengaku senang sapi miliknya dibeli untuk kurban presiden Jokowi. Ia tak menyangka sapi yang telah dipelihara 8 bulan terakhir itu dipilih dari 3 yang diusulkan.

"Ya kita senang sapi kita dibeli Presiden. Sebelum kita kan ada beberapa ya, tapi dipilih punya kita karena lebih berat, sehat dan sudah dicek semua ini," katanya.

Afrizal mengatakan sapinya itu dibeli Rp 70 juta. Rencana sapi dikurbankan di Ponpes Babusalam, Jalan HR Soebrantas Pekanbaru.

Dia mengaku ada beberapa jenis sapi yang dipelihara. Sapi jenis Simmental, Limosin hingga sapi bali. Di tempat itu, ia juga beternak kambing yang siap untuk kurban.

Afrizal sendiri bukanlah peternak baru di Pekanbaru. Ia sudah berkiprah berbisnis pembesaran sapi untuk dijual dagingnya, sejak lama. [**]

Berita Lainnya

Index