Jokowi Tak Disambut Pejabat AS di Washington, Ini Kata Kemenlu

Jokowi Tak Disambut Pejabat AS di Washington, Ini Kata Kemenlu

Metroterkini.com - Presiden Joko Widodo tengah melakukan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat (AS), dalam rangka menghadiri ASEAN-US Special Summit atau KTT ASEAN-AS. Namun demikian, tak ada penyambutan oleh pejabat AS saat Jokowi tiba di Washington. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI pun menyatakan, hal tersebut bukanlah hal yang perlu dirisaukan. 

"Kita tidak melihat hal yang perlu dirisaukan," ujar Juru Bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah di Jakarta, Kamis (12/5/2022). Ia justru menyayangkan pihak-pihak yang justru lebih menyoroti hal-hal yang bersifat teknis protokoler ketimbang esensi dari pertemuan negara-negara ASEAN dengan Amerika Serikat tersebut. 

Lebih lanjut Faizasyah menjelaskan, sifat kunjungan Jokowi ke AS kali ini adalah semi-multilateral sebagai bagian dari ASEAN. Dengan demikian, perlu dibedakan antara protokol penyambutan untuk pertemuan yang bersifat bilateral dan semi-multilateral. 

"Kita mencatat sifat kunjungan adalah kunjungan kerja yang mengedepankan sisi substansi kunjungan tersebut. Kita juga melihat saat penerimaan ketibaan mendapat treatment yang sama semua kepala negara ASEAN juga diterima pada level pejabat senior protokoler Kemenlu AS," ujar Faizasyah. 

Untuk diketahui, Jokowi tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, pada Selasa 10 Mei 2022 sekitar pukul 21.40 waktu setempat atau Rabu (11/5/2022) pukul 08.40 WIB. Jokowi menempuh perjalanan lebih kurang 24 jam penerbangan dari Jakarta dengan transit di Amsterdam, Belanda, sebelum akhirnya pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 tersebut mendarat di bandara milik militer Amerika Serikat. 

Bersama pemimpin ASEAN lainnya, Jokowi akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari. 
Rangkaian pertemuan yang akan dihadiri Presiden Jokowi antara lain: 

1. Pertemuan dengan anggota Kongres 
2. Pertemuan dengan para CEO besar Amerika 
3. Pertemuan dengan Wapres Kemala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika 
4. Pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Biden

Berita Lainnya

Index