iPhone 14 dan Deretan Produk Apple Akan Rilis Tahun Ini

iPhone 14 dan Deretan Produk Apple Akan Rilis Tahun Ini

Metroterkini.com - Apple tentu telah menyiapkan sederet perangkat terbarunya untuk diluncurkan di tahun 2022. Selain lini iPhone 14 yang akan dirilis pada musim gugur nanti, ada juga beberapa perangkat anyar yang telah dinanti para fanboy Apple.

Jurnalis Bloomberg Mark Gurman memberikan prediksinya tentang perangkat Apple apa saja yang akan rilis tahun ini. Mulai dari iPhone 14, MacBook Air anyar, hingga headset AR/VR, berikut daftar lengkapnya, seperti dikutip dari MacRumors, Senin (3/1/2022).

iPhone 14
Sesuai dengan rumor yang sudah beredar, Gurman menekankan bahwa tahun ini Apple akan meluncurkan iPhone 14 dengan desain tanpa notch. Sebagai gantinya, mereka akan menggunakan desain hole punch untuk memuat kamera depan dan sensor Face ID.


Tapi iPhone 14 dengan desain ini dilaporkan hanya terbatas untuk varian Pro dan Pro Max. Dengan desain baru ini, sistem Face ID kemungkinan akan dipindahkan ke bawah layar.

Untuk variannya sendiri Apple akan menghadirkan iPhone 14 reguler dengan layar berukuran 6,1 inch, iPhone 14 Pro 6,1 inch, iPhone 14 Max 6,7 inch, dan iPhone 14 Pro Max 6,7 inch. Varian iPhone mini kabarnya akan dipensiunkan tahun ini.

iPhone SE 2022
Tahun ini Apple diprediksi akan meluncurkan iPhone SE generasi terbaru. iPhone SE keluaran tahun ini kabarnya akan menjadi iPhone dengan 5G termurah yang ditawarkan oleh Apple.

Rumor menyebutkan iPhone SE 2022 akan memiliki desain yang sama seperti iPhone SE 2020. Ukuran layarnya tetap 4,7 inch, dengan bezel yang tebal di bagian atas dan bawah layar, serta tombol fisik Touch ID.

iPad Pro
Tablet untuk kalangan profesional ini kemungkinan masih akan hadir dalam dua pilihan layar 11 inch dan 12,9 inch. Bedanya, versi 11 inch diprediksi akan menggunakan panel mini-LED mengikuti saudaranya.

Tidak hanya itu, Apple dirumorkan akan memasang lapisan kaca di bagian belakangnya untuk mendukung wireless charging dan reverse wireless charging. Jadi iPad Pro akan bisa digunakan untuk mengisi ulang daya perangkat lain seperti iPhone atau AirPods.

MacBook Air
Apple berencana meluncurkan MacBook Air dengan desain baru. Tidak hanya dari segi desain, laptop ringan ini juga akan mengusung chip Apple M2 yang lebih kencang dari pendahulunya.

Gurman mengatakan chip M2 akan memiliki CPU 8-core seperti chip M1, tapi dengan GPU 9-core atau 10-core. Jumlah intinya membawa peningkatan dari GPU 7-core dan 8-core yang ada di MacBook Air saat ini.

Mac Pro, Mac Mini, dan iMac
Gurman juga memperkirakan Apple akan menggunakan chip M2 untuk desktop tower Mac Pro dengan CPU hingga 40-core dan GPU 128-core. Selain Mac Pro baru, Apple juga kemungkinan akan merilis Mac mini baru dan iMac yang lebih besar.

Tahun ini Apple diprediksi akan menyelesaikan transisi dari chip Intel ke chip buatannya sendiri untuk Mac. Pada Juni 2020, Apple mengatakan proses transisi ini akan memakan waktu sekitar dua tahun.

Headset AR/VR
Salah satu perangkat Apple yang paling ditunggu adalah headset AR/VR atau mixed reality. Headset ini disebut akan memiliki desain yang mirip seperti Oculus Quest buatan Facebook tapi dengan desain yang lebih ringan.

Berdasarkan rumor yang beredar, headset ini akan memiliki dua display micro-OLED 4K dari Sony beserta beberapa sensor dan belasan kamera untuk memetakan permukaan dan dimensi ruang serta melacak pergerakan tangan.

Analis Ming-Chi Kuo mengatakan headset AR/VR buatan Apple ini akan memiliki 15 modul kamera di mana delapan di antaranya akan digunakan untuk augmented reality dan enam lainnya untuk biometrik inovatif.

Apple Watch Series 8
Apple Watch Series 8 diprediksi akan memiliki lebih banyak fitur kesehatan baru, seperti monitor gula darah, monitor tekanan darah, monitor temperatur, dan deteksi apnea tidur.

Saat ini belum banyak yang diketahui tentang Apple Watch Series 8. Tapi kabar yang beredar menyebutkan jam tangan pintar ini akan hadir dalam edisi 'rugged' yang lebih tangguh untuk aktivitas di luar ruangan yang lebih ekstrem.

AirPods Pro 2
AirPods Pro generasi kedua diprediksi meluncur tahun ini. Kabarnya TWS ini akan memiliki desain baru yang lebih membulat seperti Samsung Galaxy Buds dan tangkainya dihilangkan.

Analisis terbaru dari Ming-Chi Kuo juga mengatakan AirPods Pro 2 akan mendukung Apple Lossless Audio Codec (ALAC) dan bahkan casing yang bisa mengeluarkan suara untuk mempermudah pengguna mencarinya. [**]

Berita Lainnya

Index