Berlian Senilai Rp 39 Miliar Nyaris Terbuang

Berlian Senilai Rp 39 Miliar Nyaris Terbuang

Metroterkini.com - Rezeki nomplok, kata itu yang pantas disampaikan untuk seorang perempuan Inggris berusia 70 tahun. Sebab, secara tidak sengaja dia menemukan berlian yang nilainya Pound 2 juta atau Rp 39 miliar.

Dilansir BBC, Sabtu (30/10/2021), si penemu berlian itu mengira permata itu murahan. Namun, ternyata setelah dicek itu adalah berlian asli 34 karat.

Dia menemukan berlian itu ketika sedang membersihkan rumahnya di Northumberland, Inggris. Juru lelang, Mark Lane mengatakan berlian itu adalah kejutan besar.

Ukuran berlian itu lebih besar dari koin satu poundsterling. Berlian akan dilelang bulan depan.

Lane mengatakan si penemu berlian itu ketika datang membawa sekantong perhiasan. Pertemuan keduanya juga hanya kebetulan.

Berlian itu ada di dalam kotak disimpan dengan cincin kawinnya dan sejumlah barang perhiasan murahan lain.

"Kami melihat batu yang cukup besar, lebih besar dari koin satu poundsterling, dan saya pikir itu adalah zirkon CZ [cubic zirconia, berlian imitasi sintetis]. Berlian itu saya simpan di meja selama dua atau tiga hari sampai saya mengeceknya dengan mesin penguji berlian," katanya.

"Kami kemudian mengirimkannya ke mitra kami di London sebelum disertifikasi oleh para pakar di Antwerpen, Belgia, yang mengonfirmasi bahwa itu adalah 34 karat," imbuhnya.

Pengukuran karat bergantung pada berat batu, di mana batu yang lebih berat memiliki karat dan nilai yang lebih tinggi. Lane mengatakan pemiliknya tidak ingin identitasnya diungkap. Sebab, dia tidak ingat di mana atau kapan membelinya.

"Dia sering mengunjungi pasar barang bekas dan membeli pernak-pernik, tetapi tidak pernah sekalipun dia mengira itu berlian asli. Dia memberi tahu kami bahwa dia sedang bersih-bersih dan berlian itu hampir dibuang ke tempat sampah sebelum tetangganya menyarankan untuk membawa barang-barangnya kepada kami untuk ditakar nilainya," ucapnya.

Berlian Termahal
Lane, yang telah menjalankan bisnis lelang selama lima tahun setelah membelinya dari pemilik sebelumnya, menyebut berlian itu adalah barang termahal yang pernah dia tangani.

"Warnanya, kejernihannya, ukurannya... menemukan berlian 34 karat itu tidak ada tandingannya," ucapnya

Saat ini berlian itu dijaga ketat di pusat perhiasan Hatton Garden London. Proses lelang akan dilakukan 30 November mendatang. [***]

Berita Lainnya

Index