Sukses Tembus Angkasa Selama 11 Menit, Ini Kata Jeff Bezos 

Selasa, 20 Juli 2021 - 23:44:38 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Manusia terkaya dunia Jeff Bezos memberikan ucapan pertamanya setelah sukses menembus angkasa. Bezos dan tiga penumpang lainnya menghabiskan sekitar 11 menit dalam misi manusia perdana Blue Origin. 

"Sekelompok orang yang sangat bahagia di dalam sana," ucap Bezos setelah kapsul New Shepard mendarat di gurun Texas barat. 

Kapsul itu mencapai ketinggian 106 km di Garis Karman, membuat para penumpangnya sempat mengalami gravitasi nol. "Sangat gelap di sana," kata Wally Funk, perempuan yang pernah menjalani pelatihan calon astronot Mercury 13. 

Selain Funk, Jeff Bezos membawa saudaranya Mark Bezos, dan remaja Belanda berusia 18 tahun bernama Oliver Daemen. Pendiri Virgin Galactic Richard Branson mengalahkan pendiri Amazon itu dengan terbang pada 11 Juli. Namun, pemandangan yang ditawarkan kapsul New Shepard dengan jendela besarnya lebih tinggi sebelum kembali turun. 

Bezos mendirikan Blue Origin dengan harapan akan ada koloni manusia di luar angkasa, dan bisa hidup serta bekerja di sana. Saat ini, perusahaan tersebut tengah mengembangkan roket orbital bernama New Gleen, dan robot pendarat Bulan. Momen peluncuran itu sempat mengalami penundaan, sebelum dilanjutkan di situs peluncuran Launch Site One, Van Horn. 

"Mungkin terlihat mudah. Namun kenyataannya sama sekali tidak," kata desainer utama New Shepard, Gary Lai, kepada AFP Selasa (20/7/2021).
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT