Wiski Termahal Sedunia, Laku Dilelang Rp 984 Juta

Selasa, 02 Februari 2021 - 23:51:12 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Inilah wiski termahal sedunia. Berusia 72 tahun, satu botol wiski ini laku dilelang di Hong Kong dengan harga setara Rp 984 juta. Fantastis!

Wiski buatan Glen Grant berjenis single malt itu akhirnya laku terjual melalui acara lelang di Hong Kong. Tak tanggung-tanggung, sang pembeli berani membayar satu botol wiski ini seharga 421.600 ribu dolar Hong Kong (setara Rp 984 juta).

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Selasa (2/2/2021), wiski dari penyulingan Glen Grant ini dibuat pada tahun 1948. Itu berarti usianya saat ini sudah 72 tahun lebih.
 
Wiski yang dibotolkan oleh Gordon & MacPhail ini baru pertama kalinya ditawarkan lewat acara lelang di depan publik. Meski baru pertama kalinya dilelang, namun para kolektor wiski sangat antusias untuk memberikan penawaran mereka.

Botol wiski yang dilelang ini bernomor 88, dari sekitar 290 botol yang dibuat oleh tempat penyulingan Glen Grant. Tawaran demi tawaran pun masuk demi mendapatkan sebotol wiski langka ini.

Semula, Balai Lelang Bonhams memperkirakan sebotol wiski ini akan laku di harga antara 300 ribu sampai 380 ribu dolar Hong Kong (setara Rp 541 juta sampai Rp 686 jutaan). Namun ternyata pembelinya membayar lebih mahal dari itu.

Meski kondisi ekonomi sedang tidak menentu akibat pandemi COVID-19, namun lakunya sebotol wiski dengan harga sangat mahal menunjukkan masih ada peminat untuk jenis wiski-wiski yang sudah langka.

Menurut Christopher Pong, ahli wine dan wiski dari Balai Lelang Bonhams, wiski yang langka dan bisa dikoleksi jauh lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan komoditas lainnya untuk investasi.

Dalam 10 tahun terakhir terbukti sebotol wiski langka bisa meningkat nilainya 4 kali lipat dari semula. Selain botol wiski Glen Grant, ada botol wiski lain yang laku dengan harga sangat mahal, yaitu wiski Hibiki dari Jepang.

Sebotol wiski Hibiki yang tersimpan dalam botol keramik Kutani laku dengan harga 372 ribu dolar Hong Kong (setara Rp 675 jutaan). Padahal botol wiski Jepang ini usianya lebih muda dari Glen Grant, yaitu baru 35 tahun. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT