Kejari Rohil Ingatkan Kades Soal DD di Palika

Kejari Rohil Ingatkan Kades Soal DD di Palika

Metroterkini.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Rokan Hilir Riau, melakukan sosialisasi hukum terkait penggunaan Dana Desa di Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Kejari Rohil yang diwakili  Kasi Barang Bukti, Antonius Haro,SH didampingi Inspektorat Rokan Hilir, Wahyu Rahmadani,S,IP M,SI. menggelar sosialisasi Penyuluhan dan Penerangan Hukum terkait penggunaan dana desa yang melibatkan tujuh desa di Kecamatan Palika.

Sosialisasi diikuti Desa Panipahan, Desa Panipahan Darat, Panipahan Laut, Teluk Pulai, Desa Pasir, Sungai Daun, dan desa Pulau Jemur.

Puluhan peserta dari perangkat desa se Kecamatan Palikayang masing masing dihadiri Penghulu atau Kepala Desa, Agus Salim, Saidirman, Edi Syahrial, Sofyar, Jamil, Sudirman, dan Penghulu Teluk Pulai diwakili Sekdes Darman.

Acara diselenggarakan di Aula Kantor Camat Palika,  Sabtu (21/12/2019). Anto Nius Haro, selaku Kasi Barang Bukti Kejari Rohil  mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan pelanggaran penggunaan dan kepenghuluan atau dana desa dengan memberikan pemahaman kepada perankat desa atau kepala desa.

Menurutnya, Penghulu atau Kepala Desa bertanggung jawab atas penggunaan dana desa, untuk itu harus hati-hati dalam pengelolaannya agar tidak terjerat hukum.

Peruntukkan dana desa bersumber dari APBN yang ditransfer melalui APBD Kabupaten/Kota yaitu digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan Insifratruktur dan pemberdayaan masyarakat desa, dan harus Mmelibatkan masyarakat baik dalam pekerjaan mau pun dalam pengawasan.

Prioritas penggunaan dana desa wajib diketahui masyarakat desa yang dapat diakses masyarakat banyak. "Karena masyarakat juga berhak menjalankan fungsi pengawasan penggunaan dana desa," Antonius Haro mengingatkan.

Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini

Masih di tempat yang sama, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Rokan Hilir juga menggelar Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini di kalangan masyarakat juga di gelar di aula Kantor Camat Palika.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Camat Palika Idris, yang dihadiri Babinsa Pulau Jemur Serma Suwarman dan juga tokoh masyarakat H. Heri dan H. Boymin serta tokoh masyarakat Batak A.Siregar dan Ketua Tim penggerak PKK Palika Ani Idris.

Sosialasi Forum ini merupakan ajang kebersamaan untuk menyamakan persepsi antara suku dan golongan serta agama dalam satu wadah, yang bersatu dalam kebinekaan. [mus]

 

 

Berita Lainnya

Index