KPK Sambut Baik Artidjo dan Ruki Jadi Dewan Pengawas

KPK Sambut Baik Artidjo dan Ruki Jadi Dewan Pengawas

Metroterkini.com - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik nama-nama calon anggota Dewan Pengawas KPK yang disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terutama Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar.

Selain Artidjo Alkostar, Jokowi juga menyebut hakim Albertina Ho, hingga mantan ketua KPK Taufiequrachman Ruki berpeluang menjadi anggota dewan pengawas.

"Ya bagus lah kalau Pak Artidjo, karena kita kenal sangat bagus ya," kata Agus di Gedung KPK C-1, Jakarta, Rabu (18/12).

Agus menyambut baik andai Jokowi benar-benar memilih Artidjo menjadi anggota Dewan Pengawas KPK. Hal senada diungkapkan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Alex mengatakan nantinya akan ada tiga hakim di KPK jika Artidjo benar-benar dilantik sebagai anggota Dewan Pengawas KPK.

"Ya kan Pak Artidjo komitmennya tinggi untuk korupsi. Bagus lah nanti berarti ada tiga hakim kan yang di KPK, ada Pak Nawawi, saya, Pak Artidjo," kata Alex di Gedung KPK C-1, Jakarta, Rabu (18/12).

Alex menyebut keberadaan mantan hakim di KPK tentu akan membuat kerja lembaga antirasuah lebih hati-hati. Ia juga berharap anggota Dewan Pengawas KPK yang memiliki kewenangan luas tak bekerja di luar kendali.

Sementara Ruki, kata Alex, merupakan sosok berpengalaman di KPK. Ia menjadi ketua KPK pertama dan sempat menjadi pelaksana tugas menggantikan Abraham Samad pada 2015 lalu.

Menurutnya, Ruki mengetahui proses kerja di internal lembaga antirasuah. Alex menyatakan ketika terdapat sesuatu yang keluar dari ketentuan, Ruki bisa mengingatkan karena pengalamannya di KPK.

"Kalau ada pimpinan yang sudah mulai melenceng-melenceng yang ada indikasi melanggar kode etik ingatkan dong. Kan nanti pelanggaran etik pegawai dan pimpinan kan yang memproses dewas," ujarnya.

Namun, Alex belum begitu mengenal Albertina Ho. Ia mengaku hanya mengetahui Albertina Ho merupakan salah satu hakim yang menangani perkara mantan pegawai pajak Gayus Tambunan.

"Terkait dengan pribadi belum pernah saya. Saya pernah baca di koran dan dia menyidangkan perkara Pak Gayus," tuturnya.

Alex menjamin keberadaan Dewan Pengawas tak akan menghambat kerja KPK. Ia berjanji ketika ada yang melenceng dari anggota Dewan Pengawas KPK akan menyampaikan kepada wartawan.

"Nanti kalau Dewas menghambat saya kasih informasi wartawan. Ini lho Dewas menghambat pemberantasan korupsi, jangan khawatir," katanya.

Presiden Jokowi mengaku telah mengantongi sejumlah nama untuk didapuk sebagai anggota Dewan Pengawas KPK. Mereka akan dilantik bersama pimpinan KPK yang baru pada 20 Desember mendatang.

Nama-nama calon anggota Dewan Pengawas yang disebut Jokowi antara lain mantan Hakim Agung Mahkamah Agung Artidjo Alkostar, Hakim Albertina Ho, dan mantan Ketua KPK Taufiequerachman Ruki. Meski begitu, masih belum final.

"Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena kan hanya 5, ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Presiden Jokowi dalam diskusi dengan wartawan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12) dikutip dari Antara. [***]
 

Berita Lainnya

Index