BRG Indonesia Sosialisasi KHG Pulau Rangsang Meranti

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:12:29 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Badan Restorasi Gambut (BRG) Indonesia gelar sosialisasi Inventarisasi Karakteristik Ekosistem Gambut pada Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) Pulau Rangsang di Ballroom Grand Meranti Hotel, Jalan Kartini, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (21/08/19).

Tampak hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. Said Asmaruddin, MM, Ketua Tim Restorasi Gambut Daerah Provinsi Riau yang diwakili salah satu stafnya Yusliyana, Kepala KPH Tebing Tinggi Asril Astaman, Camat Rangsang Tujianto, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Meranti Khairul, S.AP, Perwakilan dari PT. Sumatera Riang Lestari (SRL) Amri Surya dan Puluhan Tamu Undangan.

Saat menyampaikan sambutannya, Said Asmaruddin mengatakan "Secara geografi Kabupaten Kepulauan Meranti terletak di pantai timur pulau Sumatra, Kabupaten Meranti terdiri atas 3 Pulau Besar yaitu Pulau Padang, Pulau Tebingtinggi dan Pulau Rangsang," ungkapnya

"Kabupaten Kepulauan Meranti adalah salah satu Kabupaten termuda di Provinsi Riau, luas total Kabupaten Kepulauan Meranti adalah 3,714,19 Km2 atau 4,26% dari luas Provinsi Riau. Secara administrasi, sampai dengan tahun 2019 terdiri atas 9 Kecamatan, 96 Desa dan 5 Kelurahan." Tambah Said Asmaruddin.

Dalam kesempatan yang sama, Yusliyana menjelaskan tentang berbagai pengertian tentang gambut. "Gambut adalah material organik yang terbentuk secara alami dari sisa-sisa tumbuhan yang terdekomposisi tidak sempurna dengan ketebalan 50 Centimeter atau lebih terakumulasi pada rawa," jelasnya.

"Ekosistem Gambut adalah tatanan unsur gambut yang merupakan satu kesatuan utuh menyeluruh dalam kesatuan hidrologis gambut yang saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas dan produktivitas," ungkap Yusliyana.

"Kesatuan Hidrologis Gambut adalah Ekosistem Gambut yang letaknya di antara 2 (Dua) sungai, di antara sungai dan laut, dan/atau pada rawa." tambah Yusliyana.  

Berdasarkan Perwilayahan Kesatuan Hidrologis (KHG) wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki 6 (Enam) buah KUG. KHG Merbau, KHG Rangsang, KHG Pulau Padang, KHG Pulau Tebingtinggi, KHG Pulau Menggung dan KHG Pulau Topang. [ant]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT