Penghulu M.Jamil Diduga Mark Up Biaya Pembuatan Jalan

Penghulu M.Jamil Diduga Mark Up Biaya Pembuatan Jalan

Metroterkini.com - Kades Pulau Jemur Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir Riau, diduga telah mark up dana pembuatan bodi jalan di Telago Togonang.

Menurut sejumlah sumber dan data yang diperoleh redaksi, proyek pembangunan bodi jalan yang dan bersumber dari Dana Desa yang bernilai Rp 152,067,400,-.

Proyek pembangunan body (mikanis) berukuran panjang jalan 400 meter (800 meter panjang galian) sisi kanan kiri dan lebar 4 (empat) meter serta ketinggian 1,20 cm, yang bersumber dana dari ADK kepenghuluan Pulau Jemur tahun anggaran 2017.

Dalam RAB dana yang digunakan untuk sewa excavator long AM masa kerja 22 hari dan hitungan satu hari Rp 6,160.000,- dan jumlah tersebut Rp 135,520,000,-. Namun menurut pengakuan operator hanya dibayar Rp 28 juta, sesuai surat penyataan yang diterima redaksi.

Demikian juga dana mobilisi sebesar Rp 10 juta, disebutkan sumber tidak ada dikeluarkan sama sekali, sebab alat berat tersebut sudah ada dilokasi karena sebelumnya sudah mengerjakan pekerjaan lain di daerah tersebut.

Operator alat berat Gopinta Nasution yang dihubungi melalui sambungan selulernya menyebutkan, bahwa dana pembuatan body jalan 800 M (sisi kana-kiri) atau panjang jalan 400 tersebut dan lebar 4 M tinggi 120 Cm, hanya menerima pembayaran Rp 28.000.000. Itu pun awalnya borongan kerja sampai selesai hanya Rp 24,000.000,- "Selesai pekerjaan kita minta tambahan maka terhitung lah jumlahnya total Rp 28 juta," ujar sumber.

Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Kepenghuluan Pulau Jemur Darwin, saat dihubungi terkait pembangunan bodi jalan tersebut tidak ada jawaban secara resmi.

Darwin mengaku hanya sebagai pengawas dalam pekerjaan Pembuatan Bodi Jalan yang bersumber dari Dana Desa 2017 untuk Kepenghuluan Pulau Jemur. "Soal dana sama sekali kita tidak tahu menahu, yang lebih tahu adalah Penghulu Pulau Jemur M. Jamil," tuturnya.

Penghulu Pulau Jemur M. Jamil terkait dugaan mark up dana pembangunan bodi jalan yang bersumber Dana Desa ini belum diperoleh jawaban. [mus] 
 

Berita Lainnya

Index