DAPM Inhil Menyalurkan Santunan ke Kaum Jompo

DAPM Inhil Menyalurkan Santunan ke Kaum Jompo

Metroterkini.com - Unit Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Paduppai Mandiri menyalurkan santunan pada kaum jompo atau lanjut usia di Kecamatan Reteh dalam bentuk paket bahan makanan sembako serta uang santunan sebesar Rp200 ribu.

Kegiatan pemberian santunan dilaksanakan  di kantor kelurahan pulau kijang yang dihadiri oleh para penerima santunan, Lurah Pulau kijang Salmiah, S.Sos, BKAD, UPK Paduppai Mandiri, serta dihadiri oleh bapak afrizaruddin,S.ST M. Si selaku kasi kesejahteraan sosial kantor camat Reteh, 

Unit yang merupakan eks PNPM ini menyalurkan Dana Sosial RTM (Rumah Tangga Miskin) pada total penerima sebanyak 100 orang untuk 3 kelurahan dan 4 desa yang ada dikecamatan reteh.

"Dana ini merupakan hasil dari SHU Tahun 2016 dari kegiatan simpan pinjam khusus perempuan (SPP) yang dikelola oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Paduppai Madiri Kecamatan Reteh," kata Ketua Badan Pengurus Perkumpulan DAPM, H. Jalaluddin Husain, Jum'at (25/8/2017).

H. Jalal mengatakan bantuan ini mungkin tidak seberapa nilainya, tapi ia berharap bisa membantu meringankan para penerima bantuan ini.

"Kami juga mengharapkan doa agar bisa senantiasa melaksanakan tugas yang telah diamanah kan kepada kami ini," ujarnya.

Penyaluran santunan ini di Kelurahan Metro sebanyak 4 orang, Kelurahan Madani 13, Desa Pulau Kecil 9, Desa Seberang Sanglar 11,  Desa Tanjung Labuh 9, Desa Pulau Ruku 16 dan Kelurahan Pulau Kijang sebanyak 38 orang. 

"Penyaluran kami lakukan dengan cara mengantarkan langsung ke desa maupun kelurahan yang akan diberi bantuan," ungkap H. Jalal yang juga ketua BKAD Kecamatan Reteh.

Tambahnya, selain santunan ini pihaknya juga menggunakan dana ini untuk sumbangan orang tua asuh di sekolah SMK N 1 Reteh dan kegiatan sumbangan-sumbangan lainnya dengan total alokasi dana sosial RTM dari SHU tahun 2016 sebesar Rp42 juta.

Kegiatan sosial seperti ini setiap tahun diadakan. Namun kegiatannya tidak selalu sama seperti tahun sebelumnya. Tahun lalu, dana ini digunakan untuk santunan anak yatim yang di alokasikan untuk semua desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Reteh dan dananya pun tidak selalu sama tergantung dari tingkat perguliran dan pengembalian pinjaman Dana SPP yang  dikelola. 

"Untuk tahun ini tidak semua desa yang kami alokasikan bantuan namun hanya Kelurahan dan desa yang masih aktif melakukan pengembalian pinjaman karna dana ini berasal dari pengembalian para peminjam dana SPP. Kami berharap dana SPP ini terus ada dan berjalan agar kami bisa terus melakukan kegiatan sosial seperti ini," urainya.

Terakhir, Lurah Pulau Kijang, Salmiah,Sos sangat berterima kasih sekali karna telah membantu warganya yang tidak mampu. "Semoga ini bisa membantu meringankan sedikit beban pada masyarakat kami yang menerimanya,". [nda]

Berita Lainnya

Index