KKB Serang Aparat di Intan Jaya, Satu Anggota Polisi Gugur

Jumat, 19 Januari 2024 | 22:39:57 WIB

Metroterkini.com - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang personel Satgas Damai Cartenz di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. Satu personel polisi atas nama Bripda Alfandi Steve Karamoy gugur terkena tembakan.

"1 Personel Operasi Damai Cartenz terkena tembakan," ujar Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno dalam keterangannya, Jumat (19/1/2024).

Aksi serangan tersebut terjadi di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Jumat (19/1). KKB menyerang aparat dari belakang menara pemancar telekomunikasi.

"Serangan dari KKB diduga berasal dari belakang Tower BTS Telkomsel," ungkap Bayu.

Bayu menuturkan, aksi tersebut dilakukan oleh KKB pimpinan Apen Kobogau. Apen Kobogau merupakan Wakil Pangkodap VIII yang biasa beroperasi di wilayah Intan Jaya.

"Aksi tersebut dilakukan di Kabupaten Intan Jaya pimpinan Apen Kobogau (Wakil Pangkodap VIII)," jelasnya.

Dia mengungkap, sebelum gugur polisi tersebut sempat dilarikan ke puskesmas untuk mendapatkan pertolongan pertama. Sayangnya, nyawa korban tidak sempat diselamatkan.

"Namun oleh dokter Piter bahwa personel tersebut dinyatakan gugur," imbuhnya.

Lanjutnya, polisi tersebut gugur usai terkena tembakan di bagian rahang kiri. Menurutnya, peluru tembakan KKB itu sampai menembus rahang kanan korban.

"Anggota Bripda Alfandi Steve Karamoy terkena tembakan di bagian rahang kiri tembus rahang kanan," bebernya.

Bayu menegaskan, aparat saat ini masih melakukan penyisiran di sekitar wilayah Kabupaten Intan Jaya. Pihaknya bakal menindak tegas kelompok yang telah melakukan aksi penyerangan tersebut.

"Kami saat ini masih melakukan penyisiran terhadap pergerakan KKB di wilayah Intan Jaya," pungkasnya.**

Terkini