Mobil Box Kontra Sepeda Motor, Dua Tewas Satu Kritis

Selasa, 10 November 2020 | 23:49:30 WIB

Metroterkini.com - Kecalakaan (Laka) Lalulintas (Lantas) yang melibatkan satu unit mobil box jenis Mitshubishi Colt Diesel BM 9639 TX dengan sepeda motor jenis Honda Vario BM 6144 VV dan sepeda motor jenis Yamaha N-Max BM 4174 BD terjadi di Jalan Lintas Pematangreba - Rengat, Kelurahan Pematangreba, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Riau, Selasa 10 November 2020 petang sekitar pukul 16.00 WIB, tepatnya didepan cucian motor MH.

Kapolres Inhu AKBP Efrizal melalui PS Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran, Selasa 10 November 2020 mengatakan, identias pengendara mobil box, Ari Perdana Zebua (25) warga Dusun III Desa Ajoran, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumut.

Sedangkan pengendara Honda Vario, Mardiana (38) karyawan honorer Dinae Penanaman Modal san Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPST) Inhu warga Jalan Kerajinan, Kelurahan Kampung Dagang, Kecamatan Rengat tewas ditempat dan penumpangnya, Raisya Azzila (12) pelajar, alamat serupa dalam kondisi kritis.

Serta pengendara Yamaha N-Max, Relfy Martyo Dyanti (43) PNS di Dinas PUPR Inhu, warga Jalan Hang Lekir Gang Kuantan Barat, Kelurahan Kampung Besar Kota, Kecamatan Rengat, tewas saat dibawa ke rumah sakit.

"Akibat dari Laka Lantas itu, supir mobil box mengalami luka robek dibagian wajah. Sedangkan dua pengendara sepeda motor tewas dengan luka parah di bagian kepala dan wajah. Serta satu penumpangnya kritis dan sudah dirawat di rumah sakit. Kerugian materil diperkirakan mencapai Rp30 juta," kata Misran.

Kronologis kejadian, lanjut Misran, bermula saat supir mobil box datang dari arah Rengat menuju ke Pematangreba. Saat itu jalan licin akibat cuaca sedang hujan, sehingga mobil box slip dan hilang kendali.

Saat mobil slip itu mengarah ke kanan, sehingga menabrak kedua sepeda motor yang berlawanan arah, yang di kendarain korban, Mardiana. Kemudian mobil box tersebut menghantam sepeda motor yang di kendarai korban, Refly Martyo Dyanti, yang juga datang dari arah berlawanan.

"Akibat tabrakan beruntun itu, kedua sepeda motor berikut pengendara dan penumpangnya terpental keluar dari badan jalan arah sebelah kanan dari Rengat menuju Pematangreba," beber Misran.

Analisa Laka Lantas petugas, akibat human error dan kecelakaan terjadi di duga akibat lalainya supir mobil box hilang kendali akibat mobil tersebut hilang kendali.

Selain itu juga akibat faktor jalan dalam kondisi licin karena cuaca sedang hujan lebat dan force majore, sehinga terjadi Laka Lantas. [wa]

Terkini