1 Butir Telur Per Hari Bantu Pertumbuhan Anak

Kamis, 08 Juni 2017 | 14:50:02 WIB

Metroterkini.com - Dimasa pertumbuhan si kecil membutuhkan asupan makanan yang bergizi. Telur bisa jadi pilihan makanan tepat untuk anak.

Konsumsi satu butir telur secara signifikan dapat tingkatkan pertumbuhan dan mengurangi angka stunting pada anak-anak. 

"Telur sangat terjangkau dan mudah didapatkan. Ini sangat baik sebagai sumber nutrisi untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan tubuh si kecil. Dan juga potensial untuk berkontribusi mengurangi peningkatan stunting di dunia," jelas penulis utama Lora lannotti dari Washington University di St. Louis dalam Boldsky (07/06).

Sebuah studi yang dipublikasi dalam Journal Pediatrics menunjukkan bahwa seseorang yang konsumsi satu butir telur per hari untuk mengurangi prevalensi stunting sebanyak 74 persen. 

"Kami terkejut intervensi ini terbukti efektif. Ukuran efeknya adalah 0,63 dibandingkan dengan rata-rata global yaitu 0,39," ujar Iannotti.

Untuk penelitian tersebut, tim memasukkan anak-anak yang berusia enam hingga sembilan bulan untuk diberi satu butir telur per hari selama enam bulan dan versus kelompok kontrol yang tidak diberikan telur.

Iannotti mengatakan bahwa telur merupakan protein hewani lengkap yang aman dan bisa dikatakan sangat mudah diakses. Tidak hanya keluarga mampu, tapi juga keluarga miskin bisa menjangkau makanan ini. Telur juga bisa dijadikan pelengkap makanan lain.

"Telur tampaknya menjadi sumber gizi yang layak dan sangat direkomendasikan untuk anak-anak di negara berkembang," pungkas Iannoti.[dth]

Terkini