Manfaat Sawo Belanda Bagi Kesehatan

Rabu, 17 Januari 2018 - 20:51:42 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Buah sawo belanda mungkin tidak terlalu familiar di telinga kebanyakan orang. Meskipun bernama “sawo” namun buah ini berbeda dengan buah sawo yang selama ini kita kenal. Sawo belanda merupakan nama tanaman dengan ciri berupa kulit dan daging buah yang berwarna kuning (untuk buah yang telah matang) dengan sebuah biji yang berukuran cukup besar dan berwarna coklat. Tekstur daging buahnya mirip dengan ubi rebus dan rasanya manis. Jika dihidu samar-samar akan tercium bau harum.

Meskipun dapat ditemukan dan dibudidayakan di Indonesia namun sawo belanda bukanlah buah asli Indonesia. Buah yang memiliki nama latin pouteria campechiana ini diketahui berasal dari daerah Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah. Selain sawo belanda buah ini juga memiliki beberapa sebutan seperti buah alkesa, sawo mentega, kanistel, dan sawo ubi. Jika disebut salah satu nama tersebut maka yang dimaksud adalah buah yang sama yaitu sawo belanda.

Di Indonesia buah ini biasanya dikonsumsi sebagai buah segar dan dapat pula diolah menjadi dodol. Di tempat lain ada juga yang mencampurkannya dengan bahan makanan lain, dijadikan bahan tambahan susu kocok atau es krim, serta dijadikan bahan campuran beragam jenis kue. Selain rasa buahnya yang lezat sawo belanda juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan diantaranya karoten, thiamine, niasin, manfaat karbohidrat, manfaat vitamin C, manfaat fosfor, dan kalsium. Tidak hanya buahnya yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan atau minuman, kayu atau batang dari tanaman sawo belanja juga dapat dimanfaatkan. Untuk lebih jelasnya berikut dilansir manfaat sawo belanda untuk kesehatan dan kehidupan manusia:

1. Menjaga stamina

Kandungan nutrisi yang beragam pada sawo belanda menjadikan buah ini cocok dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga stamina sehingga tubuh tetap fit dan tidak mudah lelah. Stamina tubuh yang baik juga bisa didapatkan dengan konsumsi manfaat labu air dan manfaat bayam bagi kesehatan.

2. Baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang

Sawo belanda mengandung beberapa mineral penting salah satunya kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh diantaranya untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Dengan mengonsumsi sawo belanda akan menambah asupan kalsium bagi tubuh sehingga tulang menjadi sehat dan kuat. Tidak hanya konsumsi makanan sehat manfaat olahraga bagi tulang juga sangat diperlukan untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat.

3. Menambah berat badan

Bagi anda yang ingin menaikkan berat badan maka konsumsi sawo belanda merupakan salah satu yang disarankan. Kandungan kalorinya yang tinggi sangat membantu untuk menaikkan bobot badan secara sehat. Pertambahan berat badan juga bisa didapatkan dengan manfaat susu ensure, manfaat susu appeton, atau manfaat susu belut.

4. Melancarkan pencernaan

Seperti yang disebutkan di atas sawo belanda kaya akan kandungan serat sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Makanan dapat diproses dan diserap dengan baik kemudian sisa pencernaan berupa feses juga dapat dibuang dengan lancar.

5. Baik untuk kesehatan mata

Sawo belanda juga mengandung manfaat vitamin A yang dikenal sangat ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Buah ini dapat menjadi alternatif yang lezat tentunya selain manfaat wortel dan manfaat tomat untuk mata.

6. Menjaga kekebalan tubuh

Sistem imun atau kekebalan tubuh merupakan pertahanan tubuh terdapat virus atau bakteri yang mencoba menginfeksi tubuh. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk selalu menjaga kekebalan tubuh. Salah satunya dengan konsumsi makanan sehat seperti buah sawo belanda yang mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh. Di samping itu kekebalan tubuh yang baik juga bisa didapatkan dengan manfaat buah cupuacu dan manfaat jambu biji muda untuk tubuh.

7. Baik untuk pencernaan dan kesehatan bayi

Kandungan nutrisinya yang beragam dan teksturnya yang lembut menjadikan buah ini cocok dikonsumsi oleh bayi yang sedang belajar mengonsumsi makanan padat. Olahan buah sawo belanda dapat dijadikan MPASI atau Makanan Pendamping ASI yang cocok bagi pencernaan bayi. Beberapa bahan makanan lain seperti manfaat labu kuning dan manfaat ubi jalar putih juga cocok dan sering dijadikan MPASI.

8. Mencegah kanker usus

Kandungan serat yang tinggi pada sawo belanda juga baik untuk mencegah gangguan pada usus seperti radang atau kanker usus. Ketika masuk ke dalam usus serat akan dipecah atau diurai menjadi bagian yang lebih kecil yang bermanfaat untuk mendukung proses metabolisme. Pencegahan kanker usus juga bisa dilakukan dengan menggunakan manfaat sagu atau manfaat ubi talas.

9. Mencegah penuaan dini

Manfaat sawo belanda juga berdampak positif pada kecantikan. Dengan rajin mengonsumsi buah yang kaya dengan antioksidan ini akan menghambat perkembangan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penuaaan dini. Manfaat nourish skin dan manfaat garnier sakura white juga baik digunakan untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

10. Mengatasi diare

Buah sawo belanda yang masih muda juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi diare disamping manfaat daun jambu biji untuk diare yang biasa digunakan. Caranya sangat mudah, sawo belanda yang masih muda diparut dan disaring untuk diambil airnya. Kemudian air perasan ini dicampur dengan air hangat dan dapat langsung diminum. Dengan mengonsumsinya secara rutin 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari dapat membantu mengatasi diare.

11. Mengatasi demam

Meskipun telah tersedia berbagai obat siap pakai seperti manfaat obat neuralgin dan manfaat parasetamol untuk mengatasi demam namun sebagian orang lebih memilih cara yang alami. Salah satunya dengan memanfaatkan ramuan dari kulit buah sawo belanda sehingga suhu tubuh bisa normal kembali.

12. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis atau penurunan kepadatan tulang tentu bukanlah sesuatu yang disukai karena membuat tulang menjadi keropos dan mudah retak. Untuk itu diperlukan asupan mineral seperti kalsium dalam jumlah cukup yang bisa didapatkan dari berbagai sumber bahan makanan salah satunya sawo belanda.

13. Mencegah infeksi

Konsumsi sawo belanda yang mengandung vitamin C secara rutin juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya infeksi pada tubuh. Disamping itu anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami lain seperti manfaat bawang ambon, manfaat daun ribang, serta manfaat cloudberry untuk mencegah terjadinya infeksi.

14. Sebagai tanaman hias dan peneduh

Pohon sawo belanda memiliki ukuran yang beragam. Rata-rata memiliki tinggi sekitar 20 meter meskipun ada juga yang mencapai 30 meter. Pohon sawo belanda menjadi salah satu tanaman yang sering ditanam di halaman atau taman untuk mempecantik pemandangan serta meneduhkan saat cuaca sedang terik. Selain pohon sawo belanda ada juga beberapa tanaman lain seperti manfaat pohon akasia dan manfaat pohon trembesi yang sering dijadikan tanaman peneduh untuk melindungi dari sengatan sinar matahari.

Demikianlah beberapa manfaat sawo belanda untuk kesehatan dan kehidupan manusia sehingga buah ini sangat layak dan baik dikonsumsi serta dibudidayakan. Meskipun belum terlalu populer namun dengan sosialisasi yang tepat akan membuat banyak orang mengenal dan mengetahui kekayaan manfaat buah sawo belanda. Mari hidup sehat dan biasakan makan buah mulai dari sekarang.[*]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT