Siak Melesat di Sialang Palas, Masyarakat Antusias Periksa Kesehatan

Siak Melesat di Sialang Palas, Masyarakat Antusias Periksa Kesehatan

Metroterkini.com - Bupati Siak Alfedri berbaur bersama warga Kampung Sialang Palas, kecamatan Lubuk Dalam pada program Siak Melesat, Sabtu lalu.

Pada kesempatan itu Alfedri menanggapi pernyataan sejumlah pihak  yang menuding program Siak Melayani Kesehatan Masyarakat (Melesat) muncul menjelang pelaksanaan Pilkada.

Padahal, Siak Melesat merupakan program turunan dari bujang kampung yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Siak Melesat sendiri merupakan komitmen pemerintah kabupaten Siak di bidang kesehatan masyarakat, termasuk program prioritas Pemkab Siak yang tertuang dalam Visi Misi dan dijabarkan dalam RPJMD kabupaten Siak tahun 2021-2026.

Bujang Kampung di dalamnya sangat banyak kegiatan dilaksanakan. Mulai dari layanan administrasi kependudukan, layanan kesehatan gratis oleh dokter spesialis, layanan UMKM, perpustakaan keliling, layanan kesehatan hewan, layanan program PKH dan dialog dengan warga. 

"Saya ingin jelaskan layanan kesehatan masyarakat merupakan komitmen saya bersama pak Husni melalui misi program prioritas kesehatan, bagaimana masyarakat dan anak-anak kabupaten Siak sehat, cerdas menuju indonesia emas 2045,” kata dia, Minggu (22/9/2024).

Ia, akan terus memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dibidang administrasi Kependudukan dan kesehatan, kami melaksanakan Program Bujang Kampung setiap hari Jum'at.

Pada Program Bujang Kampung ini, sambungnya. seluruh pelayanan dihadirkan langsung untuk masyarakat ke Kampung, termasuk pelayanan kesehatan. Jadi program pelayanan kesehatan ini sudah lama dilaksanakan, bukan baru.

“Sejak Bujang Kampung diluncurkan hingga saat ini, banyak harapan warga meminta kepada kami, pelayanan kesehatan dibuat lebih khusus dan menghadirkan dokter umum dan spesialis di kampung agar masyarakat khususnya lansia dan anak-anak mendapat kesempatan cek up dan bertobat gratis,” sebut Alfedri.

Sejak Program Siak Melesat hadir, sudah ribuan warga yang ditangani para dokter. Masyarakat sangat terbantu dan merasa bersyukur atas pelayanan yang diberikan dinas kesehatan.

“Kita turunkan 11 dokter spesialis ke Kampung setiap hari sabtunya, untuk mengecek secara langsung kesehatan masyarakat ," jelas Alfedri.

Hermina Siregar (61), salah seorang warga sialang palas merasakan betul manfaat Program Siak Melesat, ia ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Siak khususnya pak Bupati Siak Alfedri, yang telah mendatangkan dokter spesialis ke Kampung Sialang Palas, Kecamatan Lubuk Dalam.

"Saya sangat senang pak, tadi saya mengecek kondisi kesehatan saya mulai dari tensi, kolesterol dan gula. Saya mewakili masyarakat Sialang Palas mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Bupati Alfedri, yang sangat peduli dengan kesehatan kami,” ringas Hermina.

Siak Melesat di Sialang Palas, Bupati Alfedri menyerahkan bantuan kepada kaum difabel berupa alat bantu pendengaran, kursi roda dan satu unit mobil ambulan. [Ibrahim]

Berita Lainnya

Index