Tata Kelola Transportasi Publik di Nilai Baik, Pemkab Siak Raih Penghargaan

Tata Kelola Transportasi Publik di Nilai Baik, Pemkab Siak Raih Penghargaan

Metroterkini.com - Pemerintah Kabupaten Siak (Pemkab Siak) meraih penghargaan wahana tata nugraha tahun 2024 dari Kementerian Perhubungan. Diserahkannya penghargaan ini, karena Kabupaten Siak dianggap berhasil dalam menciptakan sistem transportasi perkotaan yang tertib, lancar, selamat, aman dan berkelanjutan.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Wakil Bupati Siak Husni Merza di Ballroom JIExpo Kemayoran, Convention Center dan Theater Area, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/9/2024).

Kabupaten Siak sendiri menerima penghargaan sebagai Kabupaten Kota dengan kinerja paling baik dalam sistem transportasi yang diikuti lebih 100 kabupaten/kota se-Indonesia.

Wakil Bupati Siak Husni Merza usai menerima penghargaan tersebut, mengucapkan rasa syukurnya atas prestasi yang terus diraih Kabupaten Siak. 

"Alhamdulillah hari ini kita kembali mengukir prestasi dengan menerima penghargaan di ajang bergengsi Wahana Tata Nugraha kategori kota kecil memiliki tata kelola trasportasi publik yang baik dari Kementerian Perhubungan,” sebutnya.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha ini diterima Kabupaten Siak berkat terpenuhinya lima indikator, diantaranya publik transportasi dimana menyediakan bus gratis untuk anak sekolah. 

“Sarana transportasi kita sudah ada driver tru, adanya halte untuk pengguna disabilitas, dan kita memiliki fasilitas kelengkapan jalan lainnya dan Sumber Daya Manusia  (SDM) di bidang perhubungan yang mumpuni,” kata dia.

Husni Merza menambahkan Pemerintah Kabupaten Siak terus berupaya memberikan kenyamanan kepada masyarakat berkaitan penyelenggaraan transportasi publik yang nyaman dan tertib.

"Penghargaan ini, menjadi motivasi kita kedepan bagaimana Siak sebagai daerah tujuan wisata memiliki transportasi yang murah dan yamana, dengan berpedoman dari lima aspek di atas dan kedepan bisa terus kita tingkatkan,” harapnya.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dalam sambutannya mengapresiasi upaya Pemerintah Daerah termasuk Kabupaten Siak yang berkomitmen dalam meningkatkan tata kelola transportasi, dan dirinya berharap agar daerah lain termotivasi dalam pembenahan transportasi dan lalu lintas.

"Penghargaan ini kami berikan bentuk apresiasi besar kami kepada kepala daerah yang telah berupaya meningkatkan tata kelola transportasi di daerahnya dan semoga dengan adanya penghargaan ini, daerah-daerah lain bisa ikut termotivasi dalam memberikan tata kelola transportasi yang baik untuk kenyamanan masyarakat,” ringkasnya.

Kabupaten Siak sendiri menerima Sertifikat dan Piala sebagai Kabupaten Kota dengan kinerja paling baik dalam sistem transportasi kita yang diikuti lebih 100 kabupaten/kota. [Ibrahim]

Berita Lainnya

Index