Ditutup KPU, 4 Paslon Daftar di Pilkada Kepulauan Meranti

Ditutup KPU, 4 Paslon Daftar di Pilkada Kepulauan Meranti

Metroterkini.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau resmi menutup pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti untuk Pilkada 2024 pada Kamis (29/8/2024) malam.

Ada sebanyak 4 pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, semua syarat pencalonan dinyatakan lengkap oleh KPU setempat.

Adapun keempat paslon tersebut adalah Asmar - Muzamil (Berazam) yang menjadi pasangan pertama yang mendaftar di hari kedua pendaftaran pada 28 Agustus 2024.

Kemudian di hari terakhir tepatnya pada 29 Agustus 2024, disusul tiga paslon sekaligus yakni, Masrul Kasmy - Fauzi Hasan (Bermanfaat), Basiran - Yulian Norwis (Berlian) dan Mahmuzin Taher - Iskandar Budiman (Menebas Tuntas) sebagai pasangan penutup pendaftaran.

Komisioner KPU Kepulauan Meranti Divisi Parmas dan SDM, Hanafi mengungkapkan bahwa syarat administrasi pencalonan keempat paslon untuk pendaftaran sudah lengkap semua.

"Penutupan pendaftaran sampai tadi malam pukul 23.59 WIB. Jadi untuk Pilkada Meranti 2024 ada empat paslon yang resmi mendaftar," ujar Hanafi pada Jumat (30/8/2024).

Dijelaskan Hanafi, setelah tahapan pendaftaran, pihaknya akan melakukan verifikasi lanjutan berkas pencalonan empat paslon tersebut. Di waktu bersamaan itu juga, mereka melakukan verifikasi faktual selama 7 hari dari 29 Agustus sampai 4 September 2024 mendatang.

"Kami telah melakukan verifikasi lanjutan berkas pencalonan yang masuk. Kalau kira-kira ada yang meragukan, berkas tersebut juga dilakukan verifikasi faktual. Selanjutnya pada 5 September nanti baru diumumkan kelengkapan administrasi pencalonan. Termasuk juga dengan syarat surat kesehatan semua paslon yang melakukan pemeriksaan di RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru sampai beberapa hari ke depan.

"Dan selanjutnya pasangan calon pendaftar ke 2, 3 dan 4 akan melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD arifin Ahmad pada hari Sabtu dan Minggu. Sebelumya bakal pasangan calon pertama (Asmar - Muzamil) telah dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan pada hari Kamis dan Jumat," pungkasnya. [Wira]

Berita Lainnya

Index