KPU Kepulauan Meranti Jadwalkan Pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil

KPU Kepulauan Meranti Jadwalkan Pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil

Metriterkini - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti gelar konferensi Pers terkait jadwal mendaftar Pasangan Calon (Paslon) yang bakal ikut kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 telah menyampaikan jadwal pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti.

Jadwal pendaftaran Paslon tersebut disampaikan Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kepulauan Meranti, Romi Indra, MH, dalam Konferensi Pers yang dilaksanakan di Halaman Kantor KPU Kepulauan Meranti, Selasa (27/8/2024) siang.

"Sejauh ini ada empat pasangan calon yang sudah menyampaikan dan mengkonfirmasi kehadirannya ke KPU Meranti," ujar Romi, didampingi Sekretaris KPU Afriadi Mahyu, Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Hanafi, Divisi Hukum dan Pengawasan Husni Setiawan, dan Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Juanda.

Dijelaskan Romi, memang semula KPU Kepulauan Meranti mengharuskan setiap bakal calon yang akan mendaftar ke KPU Meranti paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan pendaftaran diminta untuk bersurat resmi ke KPU.

"Sejauh ini mereka baru menyampaikan secara lisan. Tapi kalau kita tanyakan lagi apakah kira-kira sudah fit, insya allah dijawabnya," jelasnya.

Lebih jauh, Romi juga menjelaskan adapun keempat Paslon yang akan melakukan pendaftaran tersebut diantaranya, pasangan Asmar - Muzamil dengan partai koalisi PKB, Demokrat, Nasdem dan Perindo akan mendaftar ke KPU pada Rabu 28 Agustus 2024 sekira pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya, pasangan Masrul Kasmy - Fauzi Hasan dengan partai koalisi PAN dan dan PPP akan mendaftar pada 29 Agustus 2024 sekira pukul 10.50 WIB. Kemudian pasangan Mahmuzin Taher - Iskandar Budiman dengan partai koalisi Golkar dan PKS akan mendaftar pada 29 Agustus 2024 sekira pukul 16.00 WIB. Terakhir pasangan Basiran - Yulian Norwis dengan partai koalisi PDI P dan Gerindra, akan mendaftar pada Kamis 29 Agustus 2024 sekira pukul 14.00 WIB.

Romi juga meminta kepada Paslon untuk mempersiapkan semua dokumen pencalonan sebelum melakukan pendaftaran. Setiap Paslon diminta menyiapkan Liaison Officer (LO) untuk memudahkan koordinasi, dengan kewajiban menyampaikan informasi pendaftaran satu hari sebelum pelaksanaan pendaftaran.

"Kami imbau kepada Paslon maupun LO Paslon untuk berkonsultasi aktif ke Help Desk KPU Meranti agar saat proses pendaftaran nanti tidak berlangsung lama, Kami sudah menyediakan Help Desk penerimaan pendaftaran calon untuk berkonsultasi," ingatnya.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Hanafi menambahkan agar Paslon mempersiapkan diri untuk menghadapi debat nantinya.

"Para Paslon akan mengikuti tiga kali debat. Yang pertama debat antar calon bupati, kemudian debat kedua antar calon wakil bupati dan debat ketiga calon bupati dan calon wakil bupati. Jadi kita minta untuk masing-masing Paslon untuk mempersiapkan diri," pungkasnya. [Wira]

Berita Lainnya

Index