Bhabinkamtibmas Kampung Bunga Raya Berikan Pelatihan kepada Linmas

Bhabinkamtibmas Kampung Bunga Raya Berikan Pelatihan kepada Linmas

Metroterkini.com - Bhabinkamtibmas Kampung Bunga Raya Bripka Agus Sujana SH,memberikan pembinaan dan pelatihan peningkatan kapasitas kepada anggota Linmas Kampung Bunga Raya, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak, berlansung di halaman Gedung pertemuan Bunga Raya, Rabu (5/6/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Bunga Raya yang diwakili Kasih Trantif Jais Gunawan, Kepala Kampung (Kades) Bunga Raya Paiman, Krani (Sekdes), Kadus dan Bapekam Kampung Bungaraya.

"Pelatihan bertujuan, untuk memberikan pemahaman kepada anggota Linmas tentang tugas dan fungsi Linmas yakni untuk melaksanakan perlindungan kepada masyarakat dalam rangka penanggulangan bencana, membantu aparat pemerintah dalam pemeliharaan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan," kata Bhabinkamtias, Agus Sujana.

Selain itu, tugas Linmas juga turut serta membantu masyarakat dalam meningkatkan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarkat dalam mencegah serta menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan yang terjadi.

Lebih Lanjut ia menjelaskan bahwa tugas dan fungsi Linmas juga untuk menunjang kemampuan Linmas dilapangan sehingga nantinya mampu mengoptimalkan keberadaannya ditengah- tengah masyarakat dengan pendekatan secara persuatif, edukatif dan partisipatif.

Penghulu Kampung Bunga Raya Paiman sebelumnya menyampaikan bahwa dalam menghadapi segala persoalan di kampung jangan bertindak sendiri- sendiri, apa lagi sampai menangkap, pasalnya kalau menghadapi sendiri, nanti tidak ada saksi, untuk itu, setiap menghadapi suatu persoalan agar selalu berkoordinasi ke desa maupun Bhabinkamtibmas, supaya dapat kita pecahkan bersama - sama" pintanya

"Jangan persoalan kecil sampai besar dan melebar kesana kesini, apa lagi sampai ke polsek dan Kapolres, sementara petugas ada disini," terang penghulu.

Hal yang sama juga disampaikan kasih trantif kecamatan Bunga Raya Jais Gunawan kepada Linmas agar menghadapi suatu persoalan agar tidak bertindak sendiri- sendiri, apa lagi sampai melakukan penangkapan, tetapi utamakan koordinasi sebelumnya, agar semua persoalan bisa diselesaikan dengan baik. [Ibrahim]

Berita Lainnya

Index