Resmi Dilantik, 27 Panwascam di Kepulauan Meranti Diminta Jaga Integritas

Resmi Dilantik, 27 Panwascam di Kepulauan Meranti Diminta Jaga Integritas

Metroterkini - Sebanyak 27 Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti resmi dilantik, pada Sabtu (25/05/2024) di Ballroom Grand Meranti Hotel Jalan Kartini Selatpanjang.

Pelantikan Panwascam dalam rangka kesiapan menyongsong pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 tersebut dipimpin langsung Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal, S.IP, M.IP.

Dalam penyampaiannya, Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal mengatakan kalau pelantikan ini sebagai tahapan dari persiapan Pilkada secara serentak dan panwascam ini juga merupakan hasil evaluasi Panwaslu Kecamatan existing pada Pemilu serentak 2024.

Untuk itu, Dirinya mengingatkan bahwa kerja pengawasan tidak mudah dan memiliki tantangan serta hambatan selama proses pemilihan.

"Kami berpesan jaga integritas, tunjukkan loyalitas kawan kawan terhadap pekerjaan, agar pemilihan nanti berjalan sebagaimana mestinya," pesan Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti itu.

Syamsurizal juga menyebutkan bahwa Panwascam yang dilantik hari ini akan melaksanakan tugasnya hingga 2025 mendatang. "Kita harap semoga amanah ini dapat diemban dengan baik, sehingga pilkada sukses dan kinerja kawan-kawan diberkahi Allah," sebut Syamsurizal.

Dikesempatan itu pula, ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, S.E, M.IKom turut mengucapkan selamat kepada anggota Paswascam yang baru dilantik. Dia berharap suksesnya pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden beberapa waktu lalu dapat dilanjutkan pada pilkada mendatang.

"Saya ingatkan bahwa kita sebagai penyelenggara harus memperlakukan para calon kepala daerah dengan adil dan setara, sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegasnya.

Selain itu, Plt Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar berharap pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 dapat berjalan aman, lancar dan tanpa terjadi pelanggaran.

"Semoga pilkada mendatang apat terlaksana dengan dengan baik tanpa pelanggaran, sehingga akan tercipta pilkada yang aman, damai, adil, dan sejuk, berkualitas serta berintegritas," kata Asmar.

Dikatakannya, tugas Panitia Pemilihan Kecamatan tidak ringan karena harus mencegah terjadinya kecurangan dan menegakkan demokrasi. Untuk itu, menurutnya dibutuhkan strategi dan metode sehingga pengawasan bisa dilaksanakan dengan baik dan terkontrol.

"Oleh karena itu, kepada seluruh Panwascam yang telah dilantik harus menjalin kerja sama yang baik. Suksesnya tugas yang bapak/ibu kerjakan tergantung sinergitas bersama masyarakat dan pemerintah dengan berpedoman pada regulasi yang berlaku," ujarnya.

Atas nama pemerintah kabupaten, Asmar mengucapkan selamat kepada anggota Panwascam yang baru dilantik. "Perlihatkan kinerja sebaik mungkin, karena keberhasilan bapak dan ibu turut menentukan masa depan bangsa dan negara," sebut Asmar.

Sekedar informasi, kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal, S.E, M.IKom, Plt Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Kurnia Setyawan, Ketua KPU Katmuji, Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal Beserta Komisioner, Anggota DPRD Khosairi, Danposal Kapten Laut (E) Saidul Arifin, dan sejumlah pejabat yang hadir lainnya. [Wira]

 

 

 

Berita Lainnya

Index