BPS Kepulauan Meranti Lakukan Pendataan Podes, 20% sudah submit

BPS Kepulauan Meranti Lakukan Pendataan Podes, 20% sudah submit
Saat petugas melakukan pendataan Podes 2024 di beberapa desa di Kepulauan Meranti

Metroterkini - Saat ini, Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Meranti telah melaksanakan pendataan Potensi Desa (Podes) tahun 2024. Dimana Pendataan Podes ini dilakukan untuk mendapatkan berbagai serta informasi yang menggambarkan tentang potensi desa dan Kelurahan.

Kepala BPS Kepulauan Meranti Sumi'rad melalui Kasubag Umum BPS Kepulauan Meranti Andri Suhery saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pendataan Podes 2024 untuk di Kepulauan Meranti sudah dilaksanakan pada tanggal 02 Mei 2024 hingga 31 Mei 2024.

"Tanggal 02 Mei para petugas udah pada turun untuk melaksanakan pendataan Podes di Kepulauan Meranti. Sejauh ini yang sudah selesai (submit) data itu sekitar 20 persen," kata Andri, pada Senin (13/05/2024) melalui telphone.

Dijelaskan Andri, pendataan Podes 2024 ini ada tiga tahapan yang dilalui dari tingkatan Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten/Kota. Dimana pendataan Podes ini juga untuk mengumpulkan karakteristik infrastruktur berbasis kewilayahan yang menggambarkan potensi dari wilayah di seluruh Indonesia.

"Dimana kalau untuk saat ini Podes tingkat desa itu para petugas mendatangi mitra desa yang berada di Desa masing-masing untuk mengumpulkan data dan informasi sesuai dengan metode CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing)," jelasnya.

"Karena untuk pendataan itu berbasis metode CAPI, Jadi lebih efisien dari sisi biaya, waktu, dan tenaga. Biasanya pendataannya menggunakan PAPI (Paper Assisted Personal Interviewing). Dengan catatan coverage koneksi internet di Meranti tidak bermasalah," jelasnya kembali.

Andri juga menuturkan, Adapun yang menjadi sasaran petugas saat dilapangan dalam pendataan Podes 2024 yakni Kepala Desa serta perangkat desa setempat.

"Target sasaran kepala desa serta perangkat seperti sekdes atau perangkat lain yang mengetahui, dan juga saat berada di tempat. Yang jelas bisa mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan," tutur Andri.

Terkait para petugas yang berada di lapangan, dirinya mengakui sudah dibekali ilmu dan pengetahuan berupa pelatihan petugas tentang tata cara konsep Pendataan Podes 2024 dan juga wawancara, agar nantinya mendapatkan data dan informasi yang berkualitas pada setiap daerah.

Sekedar informasi, dari data yang ada di BPS Kepulauan Meranti, dimana ada sebanyak 5 PML (Petugas Pemeriksaan Lapangan) dan 15 PCL (Petugas Cacah Lapangan) yang ada di Kepulauan Meranti. [Wira]

Berita Lainnya

Index