Tekan Angka Inflasi, Pemkab Siak Gelar Operasi Pasar Murah

Tekan Angka Inflasi, Pemkab Siak Gelar Operasi Pasar Murah

Metroterkini.com - Dalam menekan angka Inflasi kebutuhan bahan pokok dipasaran, Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Menggelar Operasi Pasar Murah di Lapangan Ramadhan Sutomo sebelah Bank Riau Kefri Syari'ah, Kelurahan Kampung dalam, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Senin (19/2/2024).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Siak Tengku Musa, SE, MH saat di wawancarai Metroterkini.com- menuturkan bahwa, operasi Pasar Murah ini digelar, guna menekan angka Inflasi pada Tahun 2024 ini, yang di sarankan dari pusat.

Menurut Tengku Musa, Operasi Pasar Murah ini direncanakan akan diselenggarakan sebanyak 56 kali di beberapa Kecamatan se- Kabupaten Siak.

"Pasar murah tahun ini, direncanakan ada 56 kali kita laksanakan, terutama di Kecamatan Siak dan Kecamatan Mempura, dan untuk Pembukaan awalnya ini, kita mulai di Kelurahan Kampung dalam, selanjutnya Kelurahan Kampung Rempak, setelah itu baru di Kecamatan Mempura dan  kecamatan lain" kata Tengku Kepala Dinas perdagangan dan Perindustrian itu.

Untuk Operasi Pasar murah tahun 2024 ini dilaksanakan, Pemerintah Kabupaten Siak bekerja sama dengan Kantor Cabang (Kancab) Bulog Bengkalis, yang berada di Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak,dan beberapa distributor dan petani bahan pokok, yang bisa membantu dengan harga bersubsidi.

Sedangkan waktu pelaksanaan Operasi Pasar Murah berikutnya, tergantung Kesiapan Kancab Bulog, karena semuanya di siapkan oleh Kancab Bulog Bengkalis," terangnya.

Selanjutnya, Tengku Musa menjelaskan perbedaan harga bahan pokok di Operasi Pasar Murah lebih stabil di bandingkan dengan harga bahan pokok biasanya. Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) kalau di Operasi Pasar Murah selisih harganya atau subsidi transportasi bahan pokok sudah di tanggung Pemerintah.

Kepada Masyarakat Siak dirinya menghimbau, bahan pokok yang sudah dibeli, agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik- baiknya, jangan diperjualbelikan, dan tetap sabar dalam saat mengikuti antrian.

“Insya Allah stok di gudang kita masih cukup untuk tiga bulan kedepan, terutama beras, minyak dan gula,” ucap Yuswir Kepala Gudang Bulog itu.

Pantauan metroterkini.com terlihat antusias masyarakat Kecamatan Siak cukup tinggi  demi ingin mendapatkan bahan pokok di operasi pasar murah tersebut.

Selain beras, bahan pokok yang di sediakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak itu, juga ada telur, cabe, bawang, minyak goreng dan bumbu dapur lainnya.  [Ibrahim]

Berita Lainnya

Index