Pemkab Kepulauan Meranti Segera Rehab Asrama Mahasiswa Di Yogyakarta

Pemkab Kepulauan Meranti Segera Rehab Asrama Mahasiswa Di Yogyakarta
Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar bersama Kabag Umum Setdakab Tarmizi saat mengunjungi Asrama Mahasiswa di Yogyakarta

Metroterkini - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti bakal merehabilitasi Asrama Mahasiswa Tanah Jantan yang berada di Condongcatur Yogyakarta itu. Selain merehabnya, Pemkab Kepulauan Meranti juga bakal mengganti barang perabotan rusak yang ada di Asrama tersebut.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Tarmizi, pada Selasa (30/01/2024) sore di ruang kerjanya itu.

Dijelaskan Tarmizi, dimana untuk rehabilitasi asrama tersebut Pemkab Kepulauan Meranti menganggarkan Rp 200 Juta, jumlah itu menggantikan kerusakan pada asrama itu, mengingat saat ini kondisi asrama tersebut cukup parah (rusak berat, red).

"Memang kalau kita lihat pasca kunjungan kemarin itu, kondisi asrama itu sangat rusak parah, baik itu atapnya dan juga lain sebagainya, tahun ini sudah kita anggarkan untuk rehab," jelasnya.

Selain merehab nya, Pemkab Kepulauan Meranti juga menganggarkan Rp 100 juta untuk pengadaan barang perabotan yang ada di asrama itu. Agar mahasiswa yang menempati itu nyaman.

"Pengadaan itu berupa tempat tidur meja kursi belajar, alat masak, kipas angin dan perlengkapan lainnya sesuai dengan kebutuhan nanti," Jelas Tarmizi.

Tarmizi juga mengatakan, pasca kunjungan kemarin, ada keluhan yang disampaikan para mahasiswa, dimana mahasiswa disana mengeluhkan tentang ketersediaan air yang juga tidak memadai.

"Ya ada keluhan dari mahasiswa, kalau disana itu air susah atau kering. Selama ini untuk air, mahasiswa itu beli. Dan untuk itulah kita juga upayakan juga pembuatan sumur bor," katanya.

Saat ini setidaknya ada 10 mahasiswa yang menempati di asrama tersebut, namun dikatakan Tarmizi, sesuai dengan arahan Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar agar nantinya setelah di rehab untuk dapat di atur sedemikian rupa.

"Sesuai dengan arahan itu, nanti kita buat satu kamar dua mahasiswa. Dan kita juga akan tempatkan satu orang penjaga asrama itu. Selain itu juga kita akan data ulang siapa yang menepati di asrama itu nanti," kata Tarmizi sesuai dengan arahan Plt Bupati Kepulauan Meranti.

Sebelumnya, Menyikapi aspirasi mahasiswa asal Kepulauan Meranti di Yogyakarta, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar melakukan peninjauan langsung kondisi Asrama Mahasiswa Tanah Jantan, di Condongcatur, Yogyakarta, Rabu (24/1/2024)

Sebelumnya, asrama yang ditempati mahasiswa asal Kepulauan Meranti tersebut beberapa waktu lalu dilaporkan dalam kondisi rusak dan kurang layak huni.

Di lapangan, beberapa bagian gedung asrama terlihat rusak sedang hingga berat. Kondisi itu mengakibatkan seluruh mahasiswa yang menempati asrama merasa kurang nyaman.

"Sudah hampir setahun ini kami kesulitan air pak, jadinya ambil air dari musholla terdekat untuk keperluan sehari-hari, atap nya juga bocor dimana-mana, sering terjadi korsleting listrik, juga ada beberapa bagian yang lapuk dan roboh," ujar salah satu mahasiwa yang menempati asrama.

Plt Bupati Asmar menyebut kunjungan ini disamping ingin melihat langsung kondisi asrama mahasiswa, juga dalam rangka penertiban dan pengamanan aset milik Pemkab Kepulauan Meranti di Yogyakarta.

"Ya, asrama ini kondisi nya sebagian sudah rusak, ada juga permasalahan air dan listrik, ini menjadi perhatian kita bersama, dan saya sudah instruksikan OPD terkait untuk di rehabilitasi segera agar anak-anak kita merasa nyaman tinggal dan menuntut ilmu di Yogyakarta," ujarnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Irmansyah menyebut rehabilitasi Asrama Tanah Jantan Yogyakarta telah dianggarkan tahun ini.

"Asrama ini tercatat sebagai aset Pemda sejak 2014, dan belum pernah dilakukan pemeliharaan gedung. Untuk anggaran rehabilitasi sudah kita alokasikan tahun ini, tinggal nanti di eksekusi perangkat daerah terkait sesuai arahan Pak Bupati," kata Irmansyah.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Tarmizi menyatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti untuk rehabilitasi asrama tersebut.

"Sesuai arahan Bupati, segera akan kita rehabilitasi, saat ini kita sedang melakukan penghitungan kerusakan gedung, juga tadi ada permintaan sumur bor dari mahasiswa akan kita buatkan. Mudah-mudahan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar," ujar Tarmizi.

Ketua Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta Komisariat Kepulauan Meranti, Nurul Wahyu menyampaikan terima kasih atas perhatian Plt Bupati dan jajaran Pemkab Kepulauan terhadap permasalahan mahasiswa di Yogyakarta.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati dan jajarannya telah mengunjungi kami, besar harapan kami agar asrama ini segera di renovasi dan terealisasi apa yang telah direncanakan," kata Wahyu.

Hadir mendampingi Plt Bupati Asmar pada kunjungan ini, Ketua TP PKK Kepulauan Meranti Ismiatun, Kepala BPKAD Irmansyah, Kabag Umum Tarmizi, Kabid Aset Istiqomah, dan Kabid IKP Diskominfotik Dody Hamdani. [Wira]

Berita Lainnya

Index