KPU Siak Temukan Surat Suara Pemilu Rusak, Ini Rincianya

KPU Siak Temukan Surat Suara Pemilu Rusak, Ini Rincianya

Metroterkini.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Siak Ahmad Rizal menyampaikan bahwa tahapan Pemilu 2024, sampai hari ini berjalan aman dan kondusif tanpa ada masalah apapun. Hal tersebut disampaikannya kepada metroterkini.com melalui WhatsApp, Kamis (18/1/2024).

Menurut Rizal, saat ini tahapan yang sedang berjalan adalah tahapan kampanye, sementara untuk kebutuhan logistik pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) saat ini sedang dilajukan pengesetan dan pengepakan logistik, termasuk surat suara.

Sementara surat suara seluruh peserta pemilu yang dibutuhkan di Kabupaten Siak sebanyak 1.664.900 lembar, yang terdiri dari surat suara presiden dan wakil presiden, surat suara DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Dapil Riau 6, dan DPRD Kabupaten Siak.

"Berdasarkan hasil penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilakukan oleh 260 orang petugas yang berasal dari masyarakat sekitar kpu kabupaten siak, ditemukan kerusakan surat suara sebanyak 981 lembar," kata Ahmad Rizal.

Sedangkan surat suara yang rusak terdiri dari :

1. DPRD Provinsi Riau Dapil 6 sebanyak 601 lembar
2. DPD sebanyak 112 lembar
3. DPR RI Dapil Riau 1 sebanyak 101 lembar
4. Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 45 lembar
5. DPRD Siak Dapil Siak 1 sebanyak 39 lembar
6. DPRD Siak Dapil Siak 2  sebanyak 35 lembar
7. DPRD Siak Dapil Siak 3 sebanyak 20 lembar
8. DPRD Siak Dapil Siak 4 sebanyak 28 lembar

Kerusakan surat suara tersebut disebabkan karena koyak/sobek dan bercak tinta.

Ketua KPU Kabupaten Siak Ahmad Rizal berharap, agar tahapan Pemilu 2024 tetap berjalan aman ,damai dan kondusif. [ Ibrahim]

Berita Lainnya

Index